Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Gus Baiqun, Puji Hendy Siswanto Jadi Bupati dan Mendemo Turunkan Faida Sebagai Bupati Jember

Loading...

Siapa warga Jember yang tidak kenal dengan KH Baiquni Purnama atau Gus Baiqun, Pengasuh Majlis Sholawat Al Ghofilin yang saat ini digandrungi warga Jember. Beliau salah satu ulama yang menjadi panutan dan dengan majlis sholawatnya yang tiap kali hadir di tengah masyarakat selalu diikuti ratusan warga. Dengan demikian, pastinya Gus Baiqun memiliki banyak pengikut atau idola.

Tanggal 7 Juni 2020 lalu, media daring Hariansuara menurunkan berita dengan judul ‘Gus Baiqun: Para Kiai dan Mbah Munawar Beri Restu Hendy Siswanto Jadi Bupati Jember’. Pada media tersebut, Gus Baiqun berkata “Mbah War dawuh bahwa beliau sudah memberikan restu kepada Haji Hendy. Saya bukan bicara mengada-ada, tapi itulah yang dikatakan oleh beliau,”

Gus Baiqun berpendapat Jember membutuhkan sosok pemimpin yang membawa perbaikan dan perubahan. Sosok yang memenuhi persyaratan dan mendapat restu dari para kiai adalah Hendy Siswanto. Gus Baiqun bahkan menegaskan masalah pemilihan bupati Jember. Hasilnya, para kiai merestui Haji Hendy. Juga Mbah War, beliau menilai Haji Hendy sosok yang tepat menjadi bupati selanjutnya.

Tidak sampai di situ, Gus Baiqun bahkan memberikan pujian setinggi langit kepada Hendy Siswanto. Kata dia, Hendy Siswanto sosok yang dermawan dan peduli kepada masyarakat kurang mampu. Hal itu telah terbukti melalui kegiatan sosial dan bantuan yang rutin diberikan oleh Hendy Siswanto selama belasan tahun.

“Haji Hendy sangat dermawan dan senang memberi bantuan atau bersedekah untuk masyarakat kurang mampu. Insyaalloh hal itu akan terus berlanjut dan semakin luas manfaatnya ketika beliau diberi amanat menjadi bupati nantinya,” harap Gus Baiqun.

Perlu diketahui, Hendy Siswanto adalah salah satu Bakal Calon Bupati Jember, ia menggaet Gus Furjaun untuk menjadi pendampingnya sebagai Bakal Calon Wakil Bupati. Namun, sampai saat ini belum ada Parpol yang memberikan rekomendasi kepada pemilik Rien Collection ini, pernah dulu tersebar Surat Tugas dari PAN kepada Hendy Siswanto. Tapi, belakangan juga mencul surat rekomendasi dari DPP PAN kepada pendatang baru Ifan Ariadna.

Bila Hariansuara menurunkan berita tertanggal 7 Juni. Maka, berita terbaru tentang Gus Baiqun datang dari media siber Beritajatim dengan judul berita ‘Bupati Faida Dimakzulkan, Kiai dan Wakil Ketua DPRD Tak Bisa Tahan Haru’.

Pada berita tersebut, Gus Baiqun tidak berkomentar apa-apa. Hanya berisi komentar Ketua DPRD Jember Ahmad Halim dan statmen Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi. Namun, bila mengutip potongan lead berita tersebut ‘di hadapan massa yang mengepung gedung parlemen, Rabu (22/7). Ia sempat meneteskan air mata bersama Baiqun Purnomo, kiai muda yang acap disapa Gus Baiqun.’

Gus Baiqun sampai meneteskan air mata, demikian di berita tersebut. Mungkin, karena terbawa suasana dan emosional dari pernyataan Wakil Rakyat tersebut saat menyampaikan hasil sidang paripurna. Sungguh, sangat totalitas dan pastinya, massa juga akan turut terbawa suasana manakala idolanya atau panutannya sampai berekspresi demikian. Di beberapa vidio yang tersebar, Gus Baiqun juga terlihat sesekali melakukan orasi.

Penulusuran tentang hiruk pikuk aksi demo pemakzulan Bupati Jember, ada media daring memberitakan dengan judul cukup mencengangkan ‘Diajak Sholawatan, Eh Ternyata Demo’. Seolah ini menjadi kesimpulan, kenapa aksi massa yang datang di depan gedung DPRD Jember itu hingga mencapai ratusan. Dan, apalagi, sosok Gus Baiqun pengasuh majlis sholawat Al-Ghofilin.

Mengutip dua paragraf dari media tersebut, isinya: Pengakuan itu disampaikan Juliatin, warga Kecamatan Mayang, saat diwawancarai wartawan MemoPos. yang sengaja wawancaranya direkam. “Endak tahu, awalnya diajak sholawatan. Bukan diajak demo, diajak istigosah,” akunya, Rabu (22/7). Paragraf selanjutnya, Dia sengaja membawa anaknya di area demonstrasi, karena jika ditinggal di rumahnya, tidak ada yang menjaga. Sebab suaminya sedang kerja. “Endak mau (hadir) kalau ternyata demo,” katanya.

Kesimpulan berita dari memopos tersebut, seolah membuka tabir aksi massa di depan gedung DPRD Jember kemaren. Selain itu, berita dari Hariansuara dan Beritajatim menjadi penegas bahwa diduga ada politik dukung mendukung di sana. Selain itu, publik perlu tahu bahwa sebelumnya dr. Faida sebagai petahana kembali maju di Pilkada mendatang namun melalui jalur Independen. Dan, rilis yang diterima kami hasil surve Poltraking, elektabilitas dr. Faida masih jauh mengungguli bakal calon lainnya.

Penulis: Tahrir.

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.