Guru Pencabul 9 Murid Terancam Pecat, Disdik Layangkan Surat ke Bupati Karo

Loading...

KARO – Kasus pelecehan seksual yang dilakukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karo berinisial AT (52) yang mencabul 9 muridnya beberapa hari lalu terancam dipecat.

“Tindakan oknum guru tersebut telah mencoreng dunia pendidikan di Karo. Akibat prilaku buruk yang tidak mencerminkan seorang pendidik, maka kamii Dinas Pendidikan Karo akan melayangkan surat rekomendasi pemberhentian kepada Bupati Karo,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Karo, Eddi Surianta Surbakti, Selasa (19/11/2019) di ruang kerjanya kepada wartawan.

Dikatakannya, meski kasus masih dalam proses hukum dan terlepas benar atau tidak keputusan pihak berwajib. Masalah ini telah mencoreng muka dunia pendidikan. Apalagi pelakunya seorang guru atau tenaga pendidik, yang seharusnya menjadi teladan bagi murid dan masyarakat.

“Para staf pengajar dan pengawas sekolah telah menggelar rapat untuk tindak lanjut permasalahan ini. Dan kita sudah menetapkan Pengawas Sekolah sebagai guru pengganti (wali kelas) di sekolah tersebut. Kepala Seksi Kurikulum akan bertugas untuk memantau kegiatan belajar-mengajar,” jelasnya.

Sementara lebih lanjut dikatakan Eddi, untuk menghilangkan efek atau dampak trauma pada anak. Pihaknya akan membentuk tim khusus guna mendampingi siswi yang menjadi korban atau trauma healing.

“Fungsinya untuk mengembalikan mental dan semangat anak-anak yang mungkin sudah drop agar bersemangat lagi ke sekolah. Pelan-pelan akan kita lakukan,” terangnya.

Agar kejadian yang sama tidak terulang kembali, dirinya selaku Kepala Dinas telah melayangkan surat edaran kepada seluruh Kepala Sekolah, baik SMP, SD, dan TK untuk lebih memperketat pengawasan terhadap gurunya.

“Kedisiplinan perlu ditingkatkan sesuai fungsi dan tugas pokok para guru dan pengawas serta kepala sekolah. Semoga kedepannya, hal ini tidak akan terulang lagi,” sebutnya mengakhiri.

Seperti diketahui, oknum guru SDN yang merupakan wali kelas I berinisial AT ditangkap Polres Tanah Karo setelah ketahuan mencabuli 9 orang anak didiknya di ruang kelas saat jam pelajaran. (Anita)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.