Gubuk Lapuk Milik Sri Dirobohkan Satgas TMMD Tegal

Tegal – Salah satu dari sepuluh penerima program bedah rumah bantuan CSR Bank BRI di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yang dibongkar habis adalah milik Agus Wandi Riyanto atau Wandi (33) Dukuh Bulak Banteng RT. 01 RW. 06.

Kondisi rumah semi permanen ini dinding bata nya sudah lapuk termakan usia, dan ditambah dulunya tak berpondasi, sehingga rehab rumah menjadi pembuatan rumah. Hal ini dibenarkan Babinsa Jatimulya dari Koramil 05 Suradadi, Serda Mursidi. Senin (29/7/2019).

“Awalnya rumah saudara Wandi akan direhab saja, namun setelah pekerjaan dimulainya pekerjaan, dindingnya rapuh karena tidak ada pondasi, maka akhirnya dirombak total,” terangnya.

Sementara dibenarkan Kadus setempat, Rismono Diarto (42), bahwa warganya tersebut memang sangat layak mendapatkan bantuan pengentasan kemiskinan. Pasalnya, pekerjaan Wandi yang hanya sebagai nelayan cumi dengan penghasilan antara 1-2 juta rupiah setiap berlabuh 3 bulan sekali, tidak mencukupi kebutuhan keluarga dan menyekolahkan kedua orang anaknya di SD dan TK.

“Selama ditinggal melaut 3 bulan, istrinya yang bernama Sri Tutik (33) atau Sri, juga bekerja sebagai buruh cuci dan buruh tani dengan upah antara 3o-35 ribu rupiah, untuk membiayai keluarganya,” jelasnya.

Ditambahkannya, pembangunan total rumah dari nol dinilai memang harus dilakukan untuk menghindarkan roboh jika ada gempa bumi kedepannya.

“Percuma pak kalau direhab saja nanti juga roboh juga. Bantuan dari Bank BRI senilai 10 juta rupiah akan ditambah dengan swadaya masyarakat dan donatur lainnya,” pungkasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.