Gubernur Rohidin Minta Dana Desa Digunakan Sesuai Prioritas

Bengkulu,Kemajuan sebuah provinsi tidak akan bisa lepas dari kemajuan desa, terlebih bagi kabupaten. Pengaruh desa sangat besar terhadap kemajuan suatu daerah.

Hal ini disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat Sosialisasi Permendes PDTT Nomor 13 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 202, Minggu (6/12/2020).

“Jika tingkat desa itu mengalami kemajuan, desa itu bagus maka kabupaten maju, begitu pun provinsi juga akan maju, karena kemajuan sesungguhnya kan berasal dari desa,” jelas Gubernur Rohidin.

Untuk itu Gubernur Rohidin meminta agar penggunaan dana desa dapat di manfaatkan dengan bijak dan lebih menekankan kepada peningkatan kesejahteraan desa, bisa dengan mengambangkan desa wisata maupun desa pertanian dengan komoditas unggulannya.

“Banyak sekali keluhan dari desa agar penggunaan dana desa itu betul – betul memperhatikan dana desa, sehingga memberikan manfaat kepada perubahan pelayanan pada tingkat desa, lalu pemberdayaan ekonomi desa, sehingga uang itu bukan dibelanjakan untuk habis pakai, masyarakat itu berharap dengan dua hingga tiga tahun dana desa bergulir ada perubahan kemajuan bagi tingkat desa,” papar Rohidin.

Pendampingan dalam penentuan prioritas program menjadi hal yang utama dalam penyelenggaraan dan penggunaan dana desa, disamping juga ketepatan penggunaan dana, dimana manfaat dari dari program yang dilaksanakam betul – betul dibutuhkan oleh masyarakat desa.

“Pesan saya dalam menyusun program pembangunan desa dari dana desa tahun 2021 itu, musyawarahkan betul apa yang dibutuhkan maka analisa kebutuhan itu menjadi hal yang penting, apa betul infrastruktur, apa betul sarana/prasarana, apa pengadaan bibit dan sebagainya sehingga itu yang harus dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” minta Gubernur Rohidin.

Dalam kesempatan ini Gubernur Rohidin terus mengajak para peserta khususnya untuk patuh kepada Protokol Kesehatan Covid -19 yakni mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker serta menghindari kerumunan dan menjaga pola hidup sehat.

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.