Gotong Royong TMMD di Sijenggung Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Banjarnegara – Semangat gotong royong terus menggelora di Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Salah satu bentuk nyata dari semangat ini adalah kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 yang sedang berlangsung di desa tersebut. Pada . Jumat (31/05/24)

Paban VII/Kermater Sterad Kolonel Inf Endar Setyanto, S.I.P., M.Han., beserta Tim Wasev PJO TMMD Reguler ke-120 meninjau lokasi TMMD. Turut hadir dalam kunjungan ini adalah Dandim 0704/Banjarnegara Letkol CZI Teguh Prasetyanto, S.T., selaku Dansatgas, Kasrem 071 Wijayakusuma Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P., dan Kadispermades Banjarnegara Bapak Herdro Cahyono, M.Si.

Kunjungan tersebut difokuskan pada peninjauan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Bapak Miswanto Rebun, yang terletak di Rt 1 Rw 2 Dusun Semurup Desa Sijenggung. Proyek rehabilitasi RTLH ini merupakan salah satu sasaran utama dalam program TMMD, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup warga melalui perbaikan infrastruktur dasar.

Dalam sambutannya, Kolonel Inf Endar Setyanto menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap semangat gotong royong dan partisipasi aktif warga Desa Sijenggung. “Desa Sijenggung ini benar-benar bisa menjadi contoh dan diharapkan bisa dipertahankan. Dengan adanya pembukaan sasaran TMMD, termasuk pembuatan jalan dan jembatan, harapannya bisa membuka akses yang lebih luas. Saya yakin, wilayah lain di Banjarnegara masih banyak potensi yang belum tergali. Dengan adanya akses jalan, dampak positifnya akan dirasakan oleh masyarakat. Ini terbukti sekarang, Desa Sijenggung bisa menjadi destinasi wisata yang cukup menjanjikan. Ini mungkin ke depan akan menjadi prioritas juga dari pemerintah kabupaten Banjarnegara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kolonel Endar menekankan pentingnya proyek-proyek pembangunan ini dalam meningkatkan perekonomian dan kemajuan desa. “Ini benar-benar meningkatkan perekonomian dan kemajuan. Harapan kita seperti itu. Sekarang kebutuhan wisata seperti paralayang dan rafting sudah sangat diminati oleh masyarakat. Jadi, ini sangat menjanjikan untuk masa depan wilayah ini,” tambahnya.

Dandim 0704/Banjarnegara Letkol CZI Teguh Prasetyanto, S.T., juga mengungkapkan kebanggaannya atas capaian yang telah diraih dalam program TMMD ini. “Partisipasi warga sangat luar biasa. Gotong royong ini adalah kunci keberhasilan kita dalam mencapai target pembangunan. Kita berharap, semangat ini terus terjaga dan membawa dampak positif bagi seluruh masyarakat Desa Sijenggung,” ujarnya.

Selain meninjau RTLH, kunjungan tersebut juga menjadi ajang untuk melihat perkembangan pembangunan infrastruktur lainnya, seperti jalan dan jembatan yang menjadi penghubung utama antar dusun di Desa Sijenggung. Proyek ini diharapkan dapat membuka akses yang lebih baik bagi warga, sehingga memudahkan mobilitas dan meningkatkan perekonomian desa.

Kadispermades Banjarnegara, Bapak Herdro Cahyono, M.Si., juga memberikan pandangannya mengenai pentingnya program TMMD dalam upaya percepatan pembangunan desa. “Program TMMD ini sangat membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur di desa-desa terpencil. Kami sangat berterima kasih atas kerjasama TNI dan masyarakat yang begitu solid dalam merealisasikan program ini,” tuturnya.

Kegiatan TMMD Reguler ke-120 di Desa Sijenggung tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada pembinaan masyarakat. Melalui berbagai kegiatan sosial, warga desa diajak untuk lebih aktif dan berperan serta dalam menjaga dan memelihara hasil pembangunan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka panjang.

Dengan semangat gotong royong yang terus terjaga, diharapkan Desa Sijenggung akan semakin maju dan sejahtera, menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengembangkan potensi lokal dan meningkatkan kesejahteraan warganya.(Pendimbna).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.