Gotong Royong Satgas TMMD dan Warga Sijenggung Warnai Pos Kamling

Banjarnegara – Semangat kebersamaan kembali terlihat di Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Anggota Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 dari Kodim 0704 Banjarnegara, bersama warga setempat, bahu-membahu melaksanakan pengecatan Pos Kamling Desa Sijenggung. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk nyata sinergi antara TNI dan masyarakat dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan desa. Minggu (02/06/24).

Sejak pagi, suasana di Pos Kamling sudah ramai oleh warga yang antusias membawa alat dan bahan cat. Anggota Satgas TMMD, yang dipimpin oleh Kapten Inf Koko Suwarko, dengan penuh semangat memulai kegiatan pengecatan. Mereka tidak hanya membantu secara fisik, tetapi juga memberikan panduan teknis kepada warga yang turut serta dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini bukan hanya sekadar pengecatan, tetapi juga sebagai bentuk nyata sinergi dan gotong royong antara TNI dan masyarakat. Kami ingin menunjukkan bahwa TNI hadir untuk membantu masyarakat dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam meningkatkan fasilitas keamanan lingkungan,” ujar Kapten Inf Koko Suwarko.

Pos Kamling merupakan salah satu fasilitas penting di desa, yang berfungsi sebagai pusat keamanan dan koordinasi masyarakat dalam menjaga lingkungan. Dengan pengecatan ulang ini, diharapkan Pos Kamling akan terlihat lebih rapi dan menarik, serta meningkatkan semangat warga dalam menjalankan ronda malam.

Kades Sijenggung, Suyono, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasinya terhadap upaya yang dilakukan oleh Satgas TMMD dan warga desa. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari TNI, khususnya Satgas TMMD Reguler ke-120. Kehadiran mereka sangat membantu kami dalam berbagai kegiatan pembangunan di desa ini. Semoga sinergi seperti ini terus terjaga dan semakin kuat,” ujar Suyono.

Bagi warga Desa Sijenggung, kegiatan pengecatan ini juga memiliki makna tersendiri. Bapak Mahin, salah satu warga yang ikut serta, menyatakan bahwa kegiatan seperti ini mempererat hubungan antarwarga dan meningkatkan rasa kebersamaan. “Kami merasa lebih dekat dan saling mengenal satu sama lain. Selain itu, Pos Kamling yang terlihat baru dan bersih akan membuat kami lebih semangat dalam menjalankan ronda malam,” kata Mahin.

Tidak hanya pengecatan, program TMMD Reguler ke-120 ini juga mencakup berbagai kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Beberapa program yang telah dan sedang berjalan di Desa Sijenggung antara lain pembangunan jalan, renovasi rumah tidak layak huni, serta penyuluhan kesehatan dan pendidikan.

Dandim 0704/Banjarnegara Letkol CZI Teguh Prasetyanto, ST. selaku Dansatgas, memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. “Kami sangat bangga dengan kerjasama yang terjalin antara TNI dan masyarakat di Desa Sijenggung. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam membangun dan menjaga lingkungan secara bersama-sama,” ungkap Letkol CZI Teguh.

Dengan kegiatan pengecatan Pos Kamling ini, diharapkan Desa Sijenggung semakin aman, nyaman, dan rapi. Semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh Satgas TMMD dan warga desa menjadi cerminan betapa pentingnya kerjasama dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama. Ke depan, Desa Sijenggung diharapkan terus berkembang dengan berbagai program pembangunan yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat.(Pendimbna).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.