Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Gotong-royong Ciri Khas Satgas TMMD Reguler Brebes

Loading...

Brebes – Melihat gambar, kita sudah tahu bahwa itu kerja bakti atau gotong royong antara TNI dan masyarakat di lokasi pengerasan jalan. Namun yang akan dibahas adalah kemanunggalan antara Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes bersama masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Dibenarkan Pasiter Kodim Brebes, Kapten Arhanud Nediono, selaku koordinator lapangan TMMD Reguler 109 Brebes, bahwa program pembangunan infrastruktur jalan yang saat ini masih berlangsung di Kalinusu, merupakan program kerjasama lintas sektoral/instansi sehingga dalam pelaksanaanya tentunya melibatkan banyak pihak.

“Program TMMD Reguler yang sedang dilaksanakan ini, memang tujuan lainnya adalah membangun kesadaran dan kepedulian, serta menyuburkan gotong royong masyarakat dalam membangun desanya,” ujarnya, Rabu (7/10/2020).

Menurut Nediono, kekompakan antara warga dengan TNI dan Polri, karena nuansa kerja di bangun dengan humoris dan kekeluargaan, yakni kerja dilakukan bersama dan istirahat kerja dilakukan sama-sama.

Hal itu juga diamini oleh Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), bahwa budaya kepedulian dan gotong royong yang disuburkan melalui TMMD Reguler, akan menjadi modal besar bagi pihaknya untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur desa kedepannya melalui dana desa.

Untuk diketahui, jalan yang sedang dibangun itu adalah jalan tembus sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter, dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri yang sudah merdeka dari keterisoliran.

Di jalan itu juga dibangun secara gotong royong sarana penunjang jalan, yakni talud di kanan kiri jalan, 3 plat duiker dan sebuah gorong-gorong. (Rus/Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.