Gotong Royong Bangun Rumah Ibu Sarinah

Banjarnegara – Semangat gotong royong kembali berkobar di Desa Sijenggung, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Kali ini, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-120 dari Kodim 0704 Banjarnegara dipusatkan pada persiapan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) milik Ibu Sarinah, seorang warga Rt 2 Rw 1 Dusun Tempuran. Rabu (29/05/24).

Prada Edison, salah satu anggota Satgas TMMD, turun langsung ke lapangan bersama warga setempat. Kegiatan ini bukan hanya menjadi ajang untuk memperbaiki infrastruktur desa, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antara TNI dan masyarakat.

Gotong royong adalah nilai yang selalu dipegang teguh oleh masyarakat Indonesia, termasuk di Desa Sijenggung. “Kami sangat bangga bisa bekerja bersama TNI untuk memperbaiki rumah Ibu Sarinah. Ini adalah bukti nyata bahwa gotong royong masih hidup dan terus dipelihara di desa kami,” ujar Pak Budi, salah satu warga yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Persiapan nglepo atau penggalian fondasi rumah Ibu Sarinah dilakukan dengan penuh semangat. Warga bergotong royong membawa alat-alat, mengangkat material, dan saling membantu dalam setiap langkah pekerjaan. Keakraban dan kebersamaan terlihat jelas di antara mereka.

Dukungan dari TNI Prada Edison, yang turut serta dalam kegiatan ini, menyatakan kebanggaannya bisa membantu masyarakat Desa Sijenggung. “Kehadiran kami di sini bukan hanya untuk melaksanakan tugas, tetapi juga untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Kami ingin menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang ada di desa ini,” ujarnya.

Program TMMD sendiri bertujuan untuk mempercepat pembangunan di desa-desa, terutama yang memiliki akses terbatas. Dengan adanya TMMD, diharapkan desa-desa terpencil bisa lebih cepat berkembang dan masyarakatnya bisa merasakan manfaat pembangunan secara langsung.

Harapan Ibu Sarinah, pemilik rumah yang direhabilitasi, tidak bisa menyembunyikan rasa syukurnya. “Saya sangat berterima kasih kepada TNI dan seluruh warga yang telah membantu memperbaiki rumah saya. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Semoga Tuhan membalas kebaikan semua orang yang terlibat,” tuturnya dengan mata berkaca-kaca.

Rumah Ibu Sarinah sebelumnya memang dalam kondisi yang memprihatinkan. Dinding yang rapuh dan atap yang bocor membuatnya sulit untuk tinggal dengan nyaman, terutama saat musim hujan. Dengan adanya rehabilitasi ini, diharapkan Ibu Sarinah dan keluarganya bisa tinggal dengan lebih layak dan aman.

Manfaat Program Program TMMD Reguler ke-120 ini tidak hanya fokus pada rehabilitasi rumah, tetapi juga mencakup berbagai proyek pembangunan lainnya seperti jalan desa, fasilitas umum, dan saluran irigasi. Semua proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dan memberikan akses yang lebih baik ke berbagai fasilitas.

“Dengan adanya TMMD, kami berharap Desa Sijenggung bisa lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera. Ini adalah salah satu bentuk pengabdian kami kepada masyarakat,” ujar Mayor Arm Aris Khaerudin, S.Ag, Kasdim 0704/Banjarnegara.

Kegiatan gotong royong di Desa Sijenggung adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara TNI dan masyarakat dapat membawa perubahan positif. Dengan semangat kebersamaan, berbagai tantangan bisa diatasi dan kesejahteraan masyarakat bisa ditingkatkan.

Program TMMD Reguler ke-120 dari Kodim 0704 Banjarnegara telah memberikan harapan baru bagi warga Desa Sijenggung. Tidak hanya memperbaiki infrastruktur, tetapi juga mempererat hubungan sosial dan membangun rasa percaya diri masyarakat untuk terus berkembang dan maju. Semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh Prada Edison dan warga setempat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu peduli dan bekerja sama demi kebaikan bersama.(Pendimbna).

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.