Gereja Ini Siapkan Tempat Pemakaman Bagi Jenazah Pasien Covid-19

Sekadau – Gereja Katolik St.Petrus & Paulus Sekadau, Kalimantan Barat telah menyiapkan lahan bagi jenazah pasien covid -19. Berdasarkan keterangan pengurus gereja, lahan yang disiapkan berada  bersebelahan dengan pemakaman biasa, di Suak Payung. Desa Sungai Ringin.

” Luas pemakaman yang tersedia ada 7 ha . Sekitar 0,7 ha disiapkan untuk tempat pemakaman bagi jenazah pasien covid-19, saat ini sudah hampir rampung, alat berat sudah masuk dua hari diturunkan ” kata Aloysius Ama Kii [pengurus gereja] pada Selasa [2/2/2021).

Menurut keterangannya, penyelesaian tempat pemakaman ditargetkan selesai dalam satu minggu, hingga siap digunakan.

Pada kesempatan sama, Pastor Paroki St.Petrus & Paulus Sekadau , menuturkan  penyediaan lahan bagi jenazah pasien covid -19 merupakan bagian dari pelayanan bagi umat.

” Beberapa hari lalu umat ada meninggal dinyatakan positif covid – 19 , karena di tempat asalnya tidak memungkinkan dimakamkan , kita terima di Suak Payung , sementara tempat bagi pemakaman jenazah covid – 19 tidak ada jenazah mau dikemanakan ” tutur Pastor Cristianus CP.

Pengalaman inilah yang mendasari gereja sesegera mungkin menyiapkan lahan bagi pemakaman jenazah covid – 19.

Pada kesempatan terpisah , pemerintah kabupaten Sekadau , melalui Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah [ BPBD ] mengakui hingga saat ini lokasi tempat pemakaman jenazah covid – 19 baru sebatas penetapan lokasi  , tapi belum siap digunakan.

” Ada 1 ha ditetapkan  pemkab di sekitar Taman Sehati , tapi belum bisa siap digunakan  ” ungkap Matius Jon [ Kepala BPBD ] saat di konfirmasi. (jr)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.