Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Geolistrik Digunakan Untuk Mencari Sumber Air Tanah di Lokasi TMMD Tegal

Loading...

Tegal – Pakar senior geologi dan geofisika asal Kota Semarang, Kabupaten Jawa Tengah, Dwiyanto (68) mantan dosen geologi dan teknik sipil UNDIP Semarang, melakukan pemetaan keberadaan sumber mata air bawah tanah di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Senin (22/7/2019).

Upaya ini dilakukannya guna membantu dinas terkait di Kabupaten Tegal dan Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, dalam mengatasi krisis kekeringan yang melanda masyarakat setempat.

Dalam mapping ini, dirinya bersama tim membawa alat geolistrik berupa resistivity meter, yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan sumber air di dalam tanah yang keberadaannya sangat spesifik dan tidak menyebar merata, tergantung kepada keadaan geologi bawah tanah (lapisan pembawa air atau lapisan kedap air).

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah permukaan tanah. Cara kerjanya adalah dengan menyuntikkan arus listrik ke dalam tanah untuk kemudian dibaca alat.

“Jadi jika arus listriknya dialirkan di dalam tanah dan gradien tekanan listriknya diukur, maka kondisi lapisan batuan di bawahnya dapat diperkirakan,” jelasnya.

Dibeberkan juga oleh peneliti tanah bergerak dan kebocoran saluran pipa air bawah tanah ini bahwa, resistivitas batuan (tahanan jenis batuan) dapat diukur dengan memasukkan arus listrik ke dalam tanah melalui 2 titik elektroda di permukaan tanah dan titik lainnya untuk mengukur beda potensial di permukaan yang sama. Sedangkan untuk tahanan listrik, dapat berbeda-beda tergantung dari kualitas batuan, derajat kepadatan dan kondisi kelembaban tanah.

Jadi fungsi geolistrik itu sendiri adalah perencanaan tahap awal dalam pelaksanaan eksplorasi air tanah selanjutnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.