Gelar Raker 1, Program Unggulan Fatayat Kencong Dapat Apresiasi Dua Tokoh Ini

Jember, Nusantaraterkini.com- Pimpinan Fatayat NU Cabang Kencong Kabupaten Jember, menggelar Rapat Kerja (Raker) ke 1, di Aula SMP Trunojoyo Desa Cakru Kecamatan Kencong.Raker diharapkan akan muncul program-program unggulan.Senin (22/03/21). 

Mengambil tema Pemberdayaan Ekonomi Menuju Fatayat Mandiri dan Bermartabat, Raker  ini mengundang dua tokoh sebagai narasumber yakni tokoh Ulama wakil Rois Am PC NU Kencong 

KH Khoiruzzad Maddah serta tokoh pengusaha HRD Dira Shoping Center Kencong Tomy Nurdansyah. 

“Kami ingin memunculkan bagaimana pemberdayaan di Fatayat Kencong lebih baik, yang bisa bersinergi mulai tingkat  Ranting, Anak Cabang hingga Cabang, bahkan sampai ke Wilayah, ” kata ketua Fatayat Cabang Kencong Emy Fatmawati,   di sela-sela kegiatan pada Minggu kemarin. 

Emy menambahkan,  Raker yang diikuti  ibu-ibu muda pengurus harian dan anggota Fatayat Cabang Kencong, juga membahas  9 program unggulan  Fatayat NU Wilayah Jawa Timur.Ke 9 tersebut diantaranya, Asifa (Ajang Potensi Fatayat NU), Sejuk (Sejuta Kader), Gafantara (Gerakan Sehat Fatayat NU dan Santri Nusantara). 

Selanjutnya ada e-Yasmin (Edukasi marketing dan standarisasi produk UKM Fatayat NU Daerah), Poling (Pondok Konseling), Mekar (Mendampingi Perempuan Kepala Rumah Tangga), Difa (1001 Daiyah Fatayat NU), Potret (Peta Potensi Perempuan Fatayat NU) dan Pusaka (Pusat Kajian dan Informasi Fatayat). 

“InsyaAllah kita akan mengambil 3 atau 4 program dari Pimpinan Wilayah tersebut yang akan kita kerjakan, ” ucapnya. 

Selain pembahasan diatas, kedepan pihaknya akan lebih intens bersinergi dan menjalin kerjasama dengan pihak lain, terutama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember. 

Khusus dengan Pemkab Jember, terang Emy, Fatayat Kencong sudah menyiapkan 2 program yang nantinya akan diajukan kepada Bupati Hendy Siswanto, yaitu program alat permainan edukatif yang akan diberlakukan kepada anak di usia dini mulai PAUD sampai TK, yang sangat berpengaruh bagaimana anak-anak didik kita ke depan ini lebih berpotensi. 

“Kedua PUG yaitu penyetaraan gender, dimana strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan masyarakat maupun lingkungan, ” ujarnya. 

Bagi Dia,  program yang sudah dibuat maupun program unggulan, pelaksanaanya tidak akan lepas dari sinergitas pihak lain terutama program ekonomi.Oleh karenanya, Fatayat  harus punya jaringan-jaringan pihak ketiga. 

Semisal Fatayat Kencong punya dewan kehormatan Ir Nur Yasin MBA (anggota DPR RI komisi IX), Marzuki (Ketua NasDem Jember). Di bidang dakwah punya PC NU, dan ulama yang lain.Juga ada Dira yang selalu welcome untuk Fatayat.

“InsyaAllah kedepan akan lebih baik lagi, karena kita berkhidmat di NU ini agar jelas bahwa Fatayat itu dikenal tidak hanya bisa bersholawat dan tahlil saja, tapi di bidang-bidang lain juga insyaallah kita bisa, ” imbuh Emy. 

Sementara HRD Dira Kencong Tomy Nurdiansyah mengapresiasi terobosan baru Fatayat NU Kencong yang baru terbentuk ini, karena memiliki program-program unggulan yang sangat luar biasa dan bisa diandalkan untuk kemajuan ekonomi khususnya di Jember.Di bidang sosial  Fatayat yang bersinergi dengan masyarakat dengan aksi kemanusiaanya, seperti penyaluran bantuan kepada fakir miskin, dhuafa serta anak yatim-piatu. 

“Dari kami Dira kencong pasti akan mendukung program-program yang diajukan oleh fatayat, selama untuk memajukan kencong dan kabupaten jember dan bermanfaat untuk kepentingan umum kita pasti mendukung, ” kata Tomy.

Senada disampaikan Wakil Rais PC NU Kencong KH Khoiruzza Maddah, bahwa rapat kerja ini program-programnya mampu disesuaikan dengan kebutuhan zaman, sehingga bagaimanapun situasi yang seperti ini, Fatayat harus berperan aktif untuk kebutuhan masyarakat. 

Menurut Gus Yak (panggilan kesehariannya), di dalam NU yang paling penting di samping menjaga keagamaan masyarakat, juga bagaimana bisa mensejahterakan masyarakat. 

“Maka raker ini menjadi penting supaya program kedepan bisa bersinergi dengan pihak-pihak lain, untuk menjawab kebutuhan masyarakat ini, ” tuturnya. (Tahrir)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.