Terbit : 8 September, 2019 - Jam : 20:32

Gara-gara ‘Byar Pet’ Alat Elektronik Rusak

Loading...

EMPAT LAWANG – Sering terjadi byar-pet listrik PLN di wilayah Kabupaten Empat Lawang, dikeluhkan masyarakat di Tebing Tinggi. Tidak hanya membuat aktivitas warga yang berhubungan dengan alat-alat elektronik jadi terhambat, namun membuat alat-alat rumah tangga, menjadi cepat rusak.

Seperti yang disampaikan Reni, salah seorang ibu rumah tangga warga Tebing Tinggi, Minggu (8/9/2019). Dia mengaku sangat kesal karena akibat sering terjadinya byar-pet PLN di Tebing Tinggi, sejumlah alat-alat rumah tangga miliknya jadi cepat rusak.

“Kemarin mesin cuci, hari ini kulkas yang rusak. Bagaimana tidak cepat rusak, kalau listrik byar-pet tiap hari,” tudingnya.

Persoalan tidak stabilnya tegangan listrik di Empat Lawang, kata dia, tidak pernah tuntas. Meski Kabupaten Empat Lawang sudah mecapai belasan tahun berdiri, persoalan listrik di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, tidak pernah terselesaikan.

“Kami selaku masyarakat menilai ini karena pemerintah belum terlalu serius mengatasi persoalan listrik. Buktinya, hingga saat ini soal gardu induk saja belum juga tuntas,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang tukang servis alat-alat elektronik di Tebing Tinggi, Marsul menyarankan masyarakat agar menggunakan stabilizer listrik untuk alat-alat rumah tangga. Ini bertujuan agar listrik yang digunakan untuk alat-alat rumah tangga tetap stabil dan tidak merusak alat-alat rumah tangga yang berhubungan dengan listrik, saat kondisi listrik sedang tidak stabil.

“Seperti kulkas, itu memerlukan listrik yang stabil. Kalau listriknya naik turun kadang mati mendadak, ya cepat rusaklah kulkasnya,” papar dia.

Kerusakan umum pada kulkas, sebut dia, itu terjadi pada saat pompanya sedang bekerja, tiba-tiba aliran listriknya mati. Akibatnya, pergerakan olinya terhenti seketika dan itu dapat menyumbat saluran freon-nya.

“Ya tidak ada jalan lain, saluran freon harus dibersihkan dengan menyemprotkan gas freon ke dalam saluranya itu,” tukasnya.

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.