Terbit : 13 Agustus, 2019 - Jam : 20:13

Gak Mau Capek Traveling Yogyakarta-Solo? Naik Ini Aja

Loading...

Nusantaraterkini.com – Salah satu yang sering dipersoalkan traveler adalah moda transportasinya. Selain nyaman, jenis transportasi yang dipilih diharapkan dapat memangkas jarak menuju kota tujuan. Tidak ingin kan, perjalanan yang kita mimpikan indah dengan pemandangan yang memanjakan mata jadi perjalanan yang melelahkan, hanya karena salah pilih transportasi?

Kereta api biasanya menjadi solusi. Seperti perjalanan dari Yogyakarta ke Solo contohnya. Jalur normal dengan kendaraan roda empat biasanya menempuh waktu 1 jam 45 menit melewati jalan raya. Lumayan melelahkan  jika dibandingkan dengan menggunakan kereta api. Waktu yang ditempuh paling lama 50 menit, untuk cek harga bisa dilihat di traveloka, Singkat kata dijamin anti lelah dengan kereta dari jogja ke solo cek di Traveloka

Jangan khawatir soal harga. Di Traveloka kita bisa memilih harga tiket sesuai kocek lo. Mulai dari Rp. 80 ribuan untuk kelas ekonomi, hingga Rp 300 ribuan untuk kelas eksekutif. Kita juga bisa menyesuaikan jam keberangkatan dari pagi hingga malam hari. Pilihannya tak sampai disitu, bagi traveler perfeksionis seperti pemimpin redaksi nusantaraterkini nama kereta juga bisa menjadi acuan untuk menikmati perjalanan. Di Traveloka, tercatat ada belasan nama yang bisa dipilih. Dari Malabar, Bima, Mutiara Selatan, Gajayana, Lodaya, Turangga, Argo Lawu hingga nama lainnya.

Dari Yogyakarta kita bisa memulai perjalanan dari Stasiun Tugu. Stasiun ini merupakan stasiun terbesar di Kota Sultan ini. Stasiun Tugu Yogyakarta terletak di Jalan Pasar Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya yang strategis membuat stasiun ini paling diminati dengan berbagai fasilitasnya yang modern.

Yang lebih menarik dari perjalanan Yogyakarta ke Solo, kita bisa langsung teringat lagu kenangan milik Didi Kempot. Ini jika kita mendarat di Stasiun Solo Balapan. Asal jangan jadi seperti orang kehilangan kayak lagunya Om Didi ya, “Kamu ninggalkan aku, Tidak terasa netes air mata di pipiku”. Iya, Stasiun ini terkenal dengan Stasiun Balapan. Ini adalah stasiun terbesar dan tertua di Surakarta. Alamatnya berada di Jalan Wolter Monginsidi No. 112, Kestalan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Stasiun Balapan dikenal di seluruh Indonesia berkat lagu keroncong-dangdut yang populer dari tahun 1990.

Kota di Jawa Tengah yang bernama resmi Surakarta ini destinasi wisata yang beragam, dari wisata alam, budaya, sejarah, religi, sampai modern. Gak rugi deh jika sampai di tempat ini. Apalagi setelah melalui perjalanan kereta api yang tidak memakan energy. Beberapa destinasi yang bisa kita kunjungi yakni,  air terjun setinggi 80 meter di sisi barat Gunung Lawu, atau sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Solo. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di wilayah Jawa Tengah, dengan nama Grojogan Sewu Tawamangu.

Lalu Keraton Surakarta, yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur lebur akibat peristiwa Geger Pecinan tahun 1743 silam. Kemudian Taman Sriwedari di daerah Laweyan, Solo, dan sudah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X.

Atau bagi pecinta sejarah bisa mengunjungi Museum Manusia Purba Sangiran di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Ditempat ini, selain fosil rahang bawah Pithecanthropus erectus, juga ditemukan jejak tinggalan masa lampau yang usianya 200.000 sampai 2 juta tahun. Ada juga Taman Balekambang, yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Solo. Taman seluas 10 hektar ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921 silam untuk kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Tempat wisata di Solo ini dibagi menjadi dua. Kompleks pertama adalah Partinah Bosch yang merupakan rumah dari berbagai tanaman langka, seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, serta apel coklat. Sedangkan kompleks satunya bernama Partini Tuin (Taman Air Partini). Tempat ini berupa kolam dengan perahu-perahu hias yang bisa dinaiki wisatawan.

Cukup? Tunggu dulu, Solo masih menyimpan destinasi menarik lain, seperti Tugu Lilin, Kampung Batik Kauman, Pasar Klewer, Pura Mangkunegaran, Galabo Solo, Kebun Binatang Taru Jurug, Kebun Binatang Taru Jurug, Ngarsopuro Night Market, dan masih banyak yang lainnya. Penasaran kan? Makanya buruan, cek tiketnya sekarang juga di Traveloka. Red

 

Loading...
Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.