Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Gagal Berangkat Haji, Calhaj: Semoga Pandemi Covid-19 Segera Berlalu

Loading...

Padang Lawas Utara – Salah satu Calon Haji (Calhaj) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tahun 2020 mengungkapkan, meskipun batal berangkat tahun ini tidak akan mengambil setoran haji atau menarik biaya yang sudah ia lunasi.

“Meski sudah melakukan pelunasan dan manasik haji juga sudah dilakukan, saya tidak akan mengambil dana haji saya,” ujar Lobe Ismail Harahap kepada Nusantaraterkini.com, Rabu (3/5).

Meski begitu, Calhaj yang merupakan warga desa Gunung Tua Tonga, Kecamatan Padang Bolak, Paluta, ini rela menunggu pelaksanaan haji yang sudah sangat diidamkannya selama bertahun-tahun ini pada tahun berikutnya. Ia mendaftarkan diri jadi Calhaj semenjak tahun 2012 silam

Lobe mengaku mengetahui pembatalan keberangkatan haji dari Kantor Kementerian Agama Paluta yang menindaklanjuti surat edaran Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 494 tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441 H/2020 M.

Menteri Agama RI, Fachrul Razi mengatakan keputusan itu diambil lewat kajian mendalam, utamanya demi menjaga keselamatan jamaah dari pandemi Covid-19.

Ditanyai lebih lanjut, apakah dengan dibatalkannya keberangkatan haji tahun ini merasa kecewa atau tidak, Lobe Ismail mengaku sedikit kecewa, namun begitu katanya, mengingat pandemi Covid-19 keputusan pembatalan dirasa cukup bijak.

“Mudah-mudahan, pandemi Covid-19 ini cepat berlalu dan semoga di tahun 2021 tidak ada halangan lagi berangkat menuju Tanah Suci, Amin,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 362 jamaah Haji Padang Lawas Utara (Paluta) tahun 2020 gagal diberangkatkan menuju Tanah Suci akibat wabah Virus Corona Disease atau Covid-19. *(AYH)*

Rekomendasi

1 Komen
  1. Muhammad tholib berkata

    Ungkapan yg sangat bijaksana dan patut kita teladani

Ruangan komen telah ditutup.