Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Fungsi Gorong-gorong TMMD Reguler Banyumas di Petahunan

Loading...

Banyumas – Gorong-gorong merupakan salah satu dari tiga sasaran fisik pokok di TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

3 unit riol atau gorong-gorong inilah pekerjaan infrastruktur yang pertama jadi sebelum TMMD dibuka, atau saat Pra TMMD sejak 15-30 Juni 2020 lalu.

Dikemukakan Serka Joko Arif Nugroho, Babinsa Semedo, Koramil 15 Pekuncen, Kodim Banyumas, yang merupakan anggota Tim Publikasi TMMD, volume ketiga gorong-gorong yaitu I panjang 6 x 80 centimeter, serta gorong-gorong II dan III dengan volume 4 x 80 centimeter.

“Sejauh ini gorong-gorong sudah memberikan manfaat kepada para petani setempat, yaitu tempat untuk bersih-bersih alat pertanian dan hasil bumi,” ucapnya. Sabtu (18/7/2020).

Sementara itu dikatakan Kuswadi, Ketua KTH (Kelompok Tani Hutan) Desa Petahunan, selain untuk bersih bersih, adanya gorong-gorong juga bisa dimanfaatkan untuk berwudhu sebelum menunaikan kewajiban kepada Tuhan YME, di sawah.

“Adanya gorong-gorong, jelas akan memperlancar air untuk mengairi sawah ataupun kebun. Juga untuk pengambilan air untuk menyemprot tanaman,” pungkasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.