Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Foto Udara Jalan Beton Hasil TMMD Reguler Banyumas ke Obyek Wisata Curug Nangga

Loading...

Banyumas – Tampak dari kamera drone, adalah jalan beton sepanjang 1,8 kilometer lebar 3,75 meter, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang dibangun melalui TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, mulai dari 30 Juni – 29 Juli 2020.

Jalan di perbukitan Munggang Petahunan itu, adalah hasil gotong royong antara TNI-Polri, segenap unsur lainnya dan masyarakat Petahunan, sebagai Jalan Usaha Tani (JUT) dan juga sebagai jalan kendaraan bermotor wisatawan menuju Obyek Wisata Curug Nangga, air terjun tujuh tingkat yang berada di ujung jalan beton.

Jalan setebal 20 centimeter itu sebelumnya juga tidak ada di peta karena dulunya hanya merupakan jalan setapak menuju persawahan atau kebun penduduk setempat.

Serka Eko Budi Wiyono, Babinsa setempat dari Koramil 15 Pekuncen, Kodim Banyumas menjelaskan, jalan tersebut dilakukan pengecoran selama 26 hari siang dan 23 malam, dengan bantuan warga setempat baik itu lelaki-perempuan, tua-muda, dan bahkan anak-anak ikut membantu.

“Untuk kaum ibu-ibu dan remaja putri, mulai membantu lembur malam ketika pengecoran jalan memasuki perkampungan penduduk, di Dukuh Semingkir RT. 05 RW. 03, atau di titik pengecoran 1.300 meter dari Curug Nangga,” ujarnya, Minggu (2/8/2020).

Dikatakannya lanjut, proses pembangunan jalan tak hanya saat TMMD saja, namun sudah dimulai sejak awal Juni 2020, dengan pembukaan jalan menggunakan 2 unit excavator, satu milik Kodim Banyumas dan satu lagi sewa umum dari CV. Jiong Basur, Desa Candinegara, Kecamatan Pekuncen.

“Jalan itu membentang dari Jalan Semingkir di Dukuh Semingkir, melewati hamparan persawahan terasering dan perkebunan milik warga setempat. Inilah upaya Pemkab bersama Kodim Banyumas, dalam percepatan pemulihan perekonomian masyarakat Petahunan khususnya dari pertanian, dan Banyumas umumnya dari sektor pariwisata,” tutupnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.