Terbit : 2 September, 2019 - Jam : 20:19

Festival Tabut 2019 Resmi Dimulai

Loading...

BENGKULU – Festival Tabut Bengkulu kembali digelar. Festival tahunan berlangsung tiap 1-10 muharam ini merupakan simbol untuk mengenang kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husein Bin Ali Bin Abi Thalib di Padang Karbala.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah tiba dilokasi pembukaan festival tabut

Dalam sambutannya, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, turut mengapresiasi Kerukunan Keluarga Tabut yang secara konsisten menjaga ritual budaya berlangsung setiap tahun. Festival ini semakin meriah lantaran digadang sebagai ikon wisata untuk menuju ke program visit wonderful Bengkulu 2020.

Dijelaskan Gubernur, Wonderful Bengkulu 2020 merupakan titik awal membangun semangat dalam menampilkan atraksi sajian budaya dan mempersiapkan masyarakat yang sadar wisata dengan segala atraksi serta infrastruktur pendukung.

Festival Tabut 2019 Resmi Dimulai

“2020 itu bukan puncaknya, tapi sesungguhnya kita ingin meletakkan batu pertama bahwa pariwisata menjadi salah satu sektir andalan penggerak ekonomi Bengkulu,” kata Gubernur, Minggu, (1/9/2019) .

Acara ini juga mendapat perhatian dari kementrian pariwisata. Melalui Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calender Of Event (COE) Esthy Reko Astuti, kementrian menyampaikan apresiasi terlaksananya festival tabut yang telah masuk ke Top 100 Calender Of Event Wonderful Indonesia.

Kerukunan keluarga tabut

“Kami mengapresiasi pelaksanaan festival tabut tahun 2019. Kegiatannya semakin baik, suasananya tertib dan lingkungannya juga bersih,” ujar Esthy.

Esthy berharap Tabut yang saat ini berada pada peringkat 30 kembali masuk dalam 100 Calender Of Event 2020. Karena tidak otomatis masuk, maka dibutuhkan dukungan dan partisipasi seluruh element masyarakat dalam mensukseskan Festival tabut agar memenuhi kriteria dan layak masuk dalam COE 2020.

Festival Tabut 2019 Resmi Dimulai

Pembukaan festival tabut, ditandai dengan penabuhan dhol bersama dilanjutkan melepas Kerukunan Keluarga Tabut, melakukan prosesi “mengambik tanah”. Selain ritual utama, pada perayaan tabut tahun ini juga diselenggarakan lomba seni budaya, diantaranya lomba Dhol, tari kreasi, serta lomba nyanyi melayu. Masyarakat yang hadir juga dapat menikmati pertunjukan seni dari lima negara yang turut berpartisipasi memeriahkan festival tabut 2019. Kelima negara yang akan tampil yakni Malaysia, Jepang, Jerman, India dan Tanzania. (Adv/Red)

Loading...
Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.