ESD Dukung Penuh Pj Walikota Bengkulu Dalam Rakor Pengendalian Inflasi

Bengkulu, Nusantaraterkini.com – Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Hj. Erna Sari Dewi mengapresiasi Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi yang telah mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Bersama Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian secara virtual dari ruang Monitoring Center, kantor Diskominfo.

“Saya mengapresiasi keseriusan Pj Walikota dalam mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi ini. Hal ini menunjukkan komitmen Pemkot Bengkulu dalam menjaga stabilitas ekonomi di daerah,” ujar Hj. Erna Sari Dewi.

Dalam Rakor tersebut, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan bahwa inflasi nasional bulan Desember 2023 tercatat sebesar 2,61%. Angka ini terbilang baik, namun Tito berharap inflasi nasional di bulan Januari 2024 bisa berkurang, mengingat tidak adanya hari besar keagamaan seperti Natal dan Tahun Baru.

“Inflasi 2,61% ini secara garis besar tidak menggambarkan angka yang sama di semua daerah. Bagi daerah dengan inflasi tertinggi di atas inflasi nasional, harus segera melakukan langkah-langkah intervensi dan mencari tahu apa masalahnya,” jelas Tito.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik Pudji Ismartini menyampaikan, di minggu ketiga Januari 2024 ini, inflasi beras, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan daging ayam ras yang relatf tinggi mayoritas terjadi di kota-kota di luar pulau Jawa.

Terkait hal ini, Pj Walikota Bengkulu menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah menindaklanjuti arahan dari Kemendagri untuk mengantisipasi kenaikan harga dan mengendalikan inflasi.

“Kami telah melakukan beberapa langkah, seperti operasi pasar murah, sidak ke distributor dan pengecer, serta menjalin kerjasama dengan daerah lain untuk pasokan bahan pangan,” kata Pj Walikota.

Pj Walikota juga menambahkan, Pemkot Bengkulu akan terus melanjutkan beberapa program pengendalian inflasi ditahun 2023 pada 2024, mengingat komoditas penyebab inflasi tak jauh berbeda.

Hj. Erna Sari Dewi berharap Pemkot Bengkulu dapat terus bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk DPRD, dalam mengendalikan inflasi di Kota Bengkulu.

“DPRD siap mendukung Pemkot Bengkulu dalam upaya pengendalian inflasi ini. Kita harus bersama-sama menjaga stabilitas ekonomi di daerah kita,” pungkasnya.

(Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.