Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Eksplorasi Batu Gunung Skala Besar di Lokasi TMMD Banyumas Harus Tetap Perhitungkan Amdal

Loading...

Banyumas – Inilah salah satu peran penting maksimalnya pengecoran jalan TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Berkat mereka pasokan batu belah sebagai bahan utama pondasi pengecoran jalan sepanjang 1,8 kilometer dengan lebar 3,75 meter akan menjadi keras, berkualitas dan tidak mudah patah saat mendapatkan beban kendaraan roda empat dari atas.

Dan berkat mereka maka batu gunung berukuran besar di sekitar lokasi pengecoran jalan menuju Obyek Wisata Curug Nangga, Curug Rinjing dan Tuk Pengasinan itu mulai punah ditambang.

Disampaikan Serka Eko Budi Wiyono, bahwa betonisasi jalan dengan ketebalan 20 centimeter itu membutuhkan pasokan batu belah dalam skala besar. Dengan pemaksimalan potensi alam berupa penambangan batu, maka akan sangat mendukung sisi lainnya, yaitu untuk memaksimalkan pengadaan semen sehingga kualitas jalan juga akan maksimal.

“Berkat jerih payah dan pengorbanan mereka maka capaian beton di hari ke-9 pelaksanaan TMMD Reguler ini memasuki 700 meter dari total panjang,” ujarnya.

Secara berkala Serka Eko juga mengingatkan agar para penambang tetap memperhatikan Amdal (Aspek Dampak Lingkungan) saat eksplorasi batu gunung.

“Kita tetap menghimbau warga yang ditugaskan menambang batu agar tetap memperhatikan Amdal, sehingga kedepan tidak memicu erosi di sekitar lokasi penambangan dan akan membahayakan jalan beton TMMD,” tandasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.