Edwar: Netralitas ASN Jangan Hanya Slogan

Bengkulu, Nusantaraterkini.com – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara di Provinsi Bengkulu menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum 2024 besok.

Menurut Edwar, bahwa netralitas ASN bukan hanya sebuah slogan, melainkan suatu kewajiban yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Dalam upaya memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap netral dalam tahapan pemilu yang sedang berlangsung, Edwar menekankan pentingnya peran kepala daerah.

Ia mendorong Gubernur, Walikota, dan Bupati di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu untuk segera membentuk tim pengawasan ASN.

Lebih lanjut, ia menekankan, netralitas ASN bukan hanya tanggung jawab individu ASN itu sendiri, tetapi juga tanggung jawab pimpinan di tingkat daerah.

“Kepala Daerah, baik itu Gubernur, Walikota, atau Bupati, memiliki peran kunci dalam memastikan ASN di wilayahnya tidak terlibat dalam politik praktis selama tahapan pemilu berlangsung,” ujar Edwar, Senin (12/2/2024) kemarin.

Edwar meminta agar ada pembentukan tim pengawasan ASN yang memiliki tugas khusus untuk mengawasi partisipasi ASN dalam Pemilihan Umum.

Tim tersebut diharapkan dapat secara aktif memantau perilaku dan kegiatan ASN yang dapat dianggap melanggar prinsip netralitas.

“Bentuklah tim pengawasan yang efektif dan berikan mandat yang jelas untuk memastikan ASN tetap fokus pada tugas-tugas pelayanan kepada masyarakat tanpa terlibat dalam kegiatan politik praktis,” tegasnya. (Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

You cannot copy content of this page