Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Edukasi Prajurit Yonif 405 Surya Kusuma di Hari Anak Nasional di Tempat Tugasnya

Loading...

Banyumas – Prada Dade Karepesina, anggota Satgas TMMD Reguler Kodim 0701 Banyumas, dari kesatuan Kompi B Yonif 405 Surya Kusuma, terus berupaya menjadi sahabat anak-anak di tempat dirinya ditugaskan saat ini, yaitu di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Tak hanya mengajarkan yel-yel satuannya yang diajarkannya, dirinya juga memotivasi anak-anak desa setempat untuk tetap bermain dan belajar bersama kawan-kawannya agar mereka tidak menjadi karakter anak yang apatis dan menutup diri dengan lingkungannya karena sibuk bermain gadget.

“Saya ingin kehadiran kami di Desa Petahunan bermanfaat dalam membentuk karakter anak yang berjiwa nasionalisme, berdisiplin, tidak membeda-bedakan orang lain, menghindari miras dan narkoba, pergaulan bebas dan menghargai perbedaan budaya, adat istiadat, dan agama,” ungkap pemuda asal maluku ini, Rabu (22/7/2020).

“Saya akan terus melakukan motivasi di sisa satu pekan tugas saya di Desa Petahunan, sehingga kehadiran TNI dikenang warga setempat karena bermanfaat,” imbuhnya.

Ia juga mengaku mendongeng apa saja untuk memotivasi mereka. Pasalnya, penyampaian ajakan edukasi dengan mendongeng sangat efektif dicerna anak seusia mereka.

Terpisah dibenarkan Komandan SSK Satgas TMMD dari Yonif 405/SK, Lettu Infanteri M. Yunus, S.T.Han, bahwa anggotanya tersebut adalah salah satu duta TNI dalam mengkampanyekan rekrutmen TNI, melalui pembekalan materi wawasan kebangsaan yang berupa cinta tanah air dan bela negara.

“Kami harapkan anak-anak Desa Petahunan akan menjadi pemimpin yang tangguh dan berkualitas sehingga menjadi contoh bagi masyarakat di sekitarnya. Tentunya dari kecil mereka harus menjauhi segala hal negatif termasuk tindakan anarkis, seperti tawuran, miras dan narkoba, serta seks bebas,” ungkapnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.