Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Edukasi Masker Dilakukan Babinsa Wanita Kodam IV Diponegoro di TMMD Banyumas

Loading...

Banyumas – Masker tidak hanya melindungi diri kita dari infeksi, namun juga orang-orang di sekitar kita. Untuk itulah Serma Kowad Iska Yuniarti, Babinsa Pasiraman Kidul, Koramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, terus melanjutkan perannya di kegiatan non fisik TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas.

Tampak dirinya memakaikan masker kepada anak Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, warga yang menjadi sasaran penyuluhan tentang pentingnya memakai masker untuk mencegah tertular wabah covid-19. Minggu (19/7/2020).

Tak hanya golongan dewasa saja, namun anak-anak juga menjadi sasaran kampanyenya.

Dijelaskannya, bahwa hari ini dirinya sudah membagikan 15 masker kain kepada anak-anak Petahunan, khususnya bagi yang belum memilikinya.

“Selain penyuluhan, masyarakat harus diberikan stimulasi agar mereka tergerak untuk mengikutinya,” ucapnya.

Dikatakannya juga, masker bergambar adalah kesukanan anak-anak. Harapannya, jika anak suka memakai masker maka mereka akan tergerak memakainya terus dan mengingatkan orang tuanya dan kawan-kawannya untuk memakai masker jika hendak keluar rumah.

“Jika banyak anak-anak memakai masker, diharapkan memancing anak-anak lainnya untuk dibelikan masker orang tuanya. Secara otomatis juga akan mengedukasi orang tuanya agar malu kalau tidak memakai masker,” tandasnya.

Ditambahkannya, apa yang dilakukannya merupakan tindak lanjut instruksi dari Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksana) TMMD Reguler 108 Banyumas, agar selalu mengutamakan protokol kesehatan covid-19 dalam kegiatan apapun di lokasi TMMD tersebut.

Termasuk edukasi sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan penerapan physical distancing atau menjaga jarak.

Untuk sekedar diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menyatakan bahwa virus covid-19 bisa menyebar melalui partikel yang lebih kecil (microdroplet) yang melayang-layang di udara selama berjam-jam. Dimana sebelumnya, WHO menyatakan penyebaran wabah hanya melalui droplet atau percikan air liur yang keluar saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara.

Itulah sebabnya, menjaga jarak minimal dua meter di ruang tertutup tidak cukup untuk mencegah penyebaran virus ini, sehingga cara terbaik adalah menghindari kerumunan baik di ruang terbuka maupun tertutup. Dan yang paling penting adalah memakai masker. (Ags/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.