Dukung Rohidin-Rosjonsyah, Puluhan Komunitas Pelaku Seni Jawa di Bengkulu Utara Deklarasi Menangkan Nomor 2

Bengkulu- Safari silaturahmi keluarga sekaligus kampanye dialogis pasangan Cagub Bengkulu nomor urut 2 Rohidin-Rosjonsyah di Bengkulu Utara, menjadi kesempatan masyarakat dan komunitas pelaku seni Reog dan Jaranan, mendeklarasikan dukungannya kepada Rohidin-Rosjonsyah dalam kontestasi Pilgub Bengkulu 2020.

Menurut Wahyudi, perwakilan komunitas pelaku seni Reog dan Jaranan Bengkulu Utara, budaya Jawa terus lestari dan berakulturasi dengan budaya Bengkulu. Pelaku seni di Bengkulu Utara, terhimpun dalam berbagai kelompok di tiap desa. Setidaknya, ada 35 kelompok seni Reog dan Jaranan dari Kecamatan Padang Jaya dan Pinang Raya mendukung Rohidin melanjutkan pembangunan Provinsi Bengkulu dengan terus menjaga nilai-nilai sejarah dan budaya.

“Ijinkan kami turut mendukung untuk kemenangan Rohidin-Rosjonsyah pasangan Cagub nomer urut 2. Kami sepakat dengan program pembangunan dan juga visi-misi bapak, untuk terus menjaga nilai budaya, dan kami pelaku seni Jawa siap turut mewarnai khasanah budaya Bengkulu,” kata Wahyudi, Kamis (26 November 2020).

Saat itu, Wahyudi juga meminta Rohidin meresmikan paguyuban seni Reog dan Jaranan Bengkulu Utara. Alasannya, mereka meyakini bahwa Rohidin lah yang bakal memenangkan Pilgub Bengkulu 2020 dan akan melanjutkan kepemimpinan Provinsi Bengkulu 2021-2024.

“Ini merupakan optimisme kami dan semangat kami memenangkan nomor 2, Rohidin-Rosjonsyah. Selanjutnya pembangunan dan festival budaya, bisa dilanjutkan. Reog dan jaranan di Bengkulu Utara, siap memeriahkan festival-festival seni budaya Provinsi Bengkulu,” imbuh Wahyudi yang saat itu menggelar seni Reog dari komunitas Turonggo Mudo Desa Marga Bakti – Pinang Raya.

Rohidin Mersyah yang saat itu hadir, mengapresiasi masyarakat yang terus melestarikan seni dan budaya. Menurutnya, seni budaya yang berakulturasi di Bengkulu, tak sekadar sajian panggung ataupun atraksi. Lebih dari itu, terdapat nilai pesan yang disampaikan. Baik itu gambaran pesan budaya, pesan pelestarian alam, pesan ritual atau pun yang sederhana pesan kebersamaan.

“Seni seperti ini menjadi harmonis ketika kebersamaan dan kekompakan itu terjalin, porsinya berbeda-beda tetapi saat disuguhkan bersama, akhirnya menjadi sajian seni luar biasa. Ini pesan kekompakan yang saling mengisi saling melengkapi. Bengkulu ini adalah rumah besar kita bersama, dari suku Rejang, Jawa, Batak, Pekal, Serawai dan banyak lagi, harus kita terus harmoni dalam kebersamaan, setuju lanjutkan ?,” ujar Rohidin.

Petahana Gubernur Rohidin usai peresmikan paguyuban, menegaskan bahwa segala bentuk seni budaya di Bengkulu berhak dan bakal diangkat dalam event festival maupun perayaan ulang tahun provinsi. Tahun ini, perayaan tak digelar pertunjukan seni budaya, lantaran masih dalam kondisi pandemi.

“Tahun depan, kita tampilkan perwakilan seni Reog Jaranan untuk tampil di perayaan Hari Ulang Tahun Bengkulu. Sebelumnya berbagai seni unggulan tiap daerah selalu kita tampilkan, ada Gandai dari Pekal, Tari Kejei khas Rejang, semua ini adalah kekayaan budaya Bengkulu,” terang pasangan Rosjonsyah dalam Pilgub Bengkulu 2020 ini.

//Rohidin Tokoh Plural

Tokoh masyarakat Desa Lembah Duri Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara, Malik menilai Rohidin adalah pemimpin muda yang merupakan tokoh Plural. Rohidin dinilai mampu merangkul keberagaman berbagai suku di Bengkulu dengan perlakuan yang sama.

“Perlakuan seperti ini jangan berubah, tetaplah menjadi pemimpin yang mengayomi berbagai suku, yang menghargai nilai adat budaya dan sejarah,” pesannya kepada Rohidin.

Malik yakin, konsep pembangunan dan sistem integritas yang terus diperkuat oleh Rohidin, akan menjadikan masyarakat semakin mencintai daerah. Apalagi, Rohidin selalu mengedepankan nilai-nilai budaya daerah dan tak mau menghilangkan nilai sejarah.

“Martabat Bengkulu memang harus dibangun oleh pemimpinnya, ini harus kita lanjutkan agar pembangunan di Provinsi Bengkulu terus membawa kemajuan dan kesejahteraan. Kita coblos nomor 2, menangkan Rohidin sebagai gubernur,” seru Malik saat kampanye dialogis.

Kolaborasi pembangunan yang berkesinambungan, tambah Malik, juga akan mampu dijalin oleh Gubernur Rohidin. Program kerakyatan yang digagas Rohidin-Rosjonsyah adalah program yang logis dan merupakan suara hati rakyat Bengkulu. Khusus untuk Bengkulu Utara, dirinya berharap penguatan infrastruktur dan komoditas pertanian, bisa dilanjutkan.

“Di Bengkulu Utara kita lanjutkan kolaborasi pembangunan Bupati Mian dan Gubernur Rohidin, mereka sudah terbukti mampu membangun, kita lanjutkan. Kehidupan rukun, budaya lestari pembangunan maju,” demikian testimoni Malik yang akrab disapa Opung.

Rekomendasi
Loading...

Ruangan komen telah ditutup.