Dugaan Penggelembungan dan Pemindahan Suara, Massa Geruduk Bawaslu OKI

Loading...

Ogan Komering Ilir – Ratusan masyarakat Kabupaten OKI yang tergabung dalam  Masyarakat OKI Peduli Pembangunan, menggelar aksi damai dengan menyambangi kantor Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) setempat yang berada di Jalan Letnan Darna Jambi Kelurahan Sukadana, Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu (15/5) sekira pukul 9:30 WIB.

Dalam orasinya yang dimotori oleh Ali Aman. SH. Selaku Koordinator Aksi bersama 5 Kordinator Lapangan yakni, Muhammad Lutfi, Wira Widia Astuti, S.Si, Andi Burlian, Iis Jepelio dan Hasan menuntut agar Bawaslu OKI bertindak tegas terkait beberapa laporan kecurangan Pemilu 2019 khususnya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten OKI yang salah satunya ialah dugaan penggelembungan suara yang terjadi di Desa Sukaraja, Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI Pemilu 17 April 2019 lalu.

Dan pihaknya juga menegaskan, agar Bawaslu OKI segera menindaklanjuti adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oknum Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), PPS, Panwascam maupun pihak PPK Kecamatan di Dapil Kabupaten OKI juga Oknum Kepala Desa yang diduga telah melakukan pemindahan suara dari suara Caleg di Internal partai Gerindra. sehingga merugikan hasil suara Caleg yang lain.

Tak lama berorasi yang disambut oleh yel-yel para demonstran, akhirnya 6 orang perwakilan Aksi dipersilahkan masuk oleh pihak Bawaslu untuk rapat membahas bersama terkait tuntutan tersebut.

Ketua Bawaslu OKI, Ikhsan Hamidi didampingi Fahruddin beserta pihak Gakkumdu saat pembahasan mengatakan, Saat ini Bawaslu OKI mendapat 5 laporan masyarakat tentang pelanggaran pada Pemilu 2019, dan ini harus ditangani segera dalam 14 hari kerja dan tentunya kami tidak ada alasan untuk menunda-nunda tindak lanjut laporan tersebut.

Artinya dalam hal ini kami pihak Bawaslu  tengah menindaklanjuti beberapa laporan tersebut secara bergulir hingga semua permasalahan terkait Pemilu 2019 benar – benar terselesaikan dan Insya Allah kita akan berlaku jujur dan adil.

“Kita segera menindaklanjuti permasalahan ini secara tegas, jujur dan adil,” tuturnya.

Terlihat rapat pembahasan permasalahan kecurangan Pemilu 2019 antara Pihak Bawaslu, Gakkumdu bersama Pihak Demonstran berakhir dengan penandatanganan Kesepakatan bersama.

Sementara saat dibincangi usai Aksi damai, Aliaman, SH mengatakan, Bahwa pihaknya akan terus memantau hasil dari tindak lanjut serta kesepakatan tersebut dan mengancam akan menggelar aksi lebih besar lagi apabila tuntutan ini tidak di gubris atau berjalan ditempat oleh pihak Bawaslu OKI. (Ril,GW/TIM)

Loading...
Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.