DPRD Kabupaten Blitar Paripurnakan Penetapan Paslon Bupati Terpilih dan Pengumuman Akhir Masa Jabatan Bupati Periode 2016-2021

BLITAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna dengan agenda pengumuman hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih. Paripurna digelar di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (28/01/2021).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito didampingi Wakil Ketua DPRD, H. Abdul Munib, SIP, Susi Narulita K.D, SIP, Mujib, SM dan Anggota DPRD Kabupaten Blitar diselenggarakan secara virtual itu juga dengan agenda pengumuman akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito menyampaikan, rapat paripurna diselenggarakan berdasarkan pasal 79 Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, diantaranya menegaskan bahwa pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah yang berakhir masa jabatannya diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Mendagri melalui Gubernur.

“Pengusulan itu untuk mendapatkan penetapan pemberhentian, juga telah diterimanya SE dari Gubernur Jawa Timur perihal usul pemberhentian dan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati hasil pilkada serentak tahun 2020,” kata Suwito.

Ditambahkannya, paripurna kali ini merupakan tahapan penting dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dan sebagaimana diketahui pemelihan kepala daerah pilkada serentak tahun 2020 yang berlangsung dengan lancar dan damai.

“Hasilnya setelah ditetapkan oleh KPU, maka berdasarkan surat dari KPU Kabupaten Blitar tertanggal 24 Januari 2021 perihal pengusulan pengesahan, dan pengangkatan pasangan calon terpilih, maka dalam rapat paripurna kali ini diumumkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih yakni Rini Syarifah sebagai Bupati Blitar terpilih dan H.R. Santoso, SH sebagai Wakil Bupati Terpilih,” jelasnya.

Suwito juga menyampaikan, dalam rapat paripurna kali ini sekaligus diumumkan bahwa telah ditetapkan calon bupati dan wakil bupati tersebut, maka akan berakhir pula masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021.

“Kepada Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021, disampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya dan penghargaan atas pengabdiannya dalam membangun Kabupaten Blitar yang kita cintai,” imbuhnya. (Rid/Adv)

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.