Dosen Unihaz Ubah Pelepah Sawit Jadi Pupuk

Bengkulu – Dosen Universitas Hazairin Ilmu Pertanian, Ihsan Hasibuan mengelolah pelepah sawit menjadi pupuk. Pupuk dari pelepah sawit ini menjadi salah satu penyubur tanaman yang sudah lama dikembangkan.

“Sudah hampir dua tahun ini dari proses penelitian dan coba-coba, sekarang menjadi produk pupuk olahan karya sendiri,” kata Ihsan, Rabu (8/1/2019).

Ihsan menjelaskan pembuatan pupuk organik ini juga tidak sulit dan memerlukan akomodasi yang mahal. Pelepah sawit bisa dijadikan pupuk setelah mengalami fermentasi selama dua minggu.

“Kita cacah pelepah sawit tersebut dengan serat yang halus, kemudian difermentasi selama dua minggu dengan tambahan kadar Mh dan Gula, setelah itu dikeringkan baru bisa digunakan,” ujar Ihsan.

Dengan kadar nitrogen yang seimbang, N dan P, berpengaruh pada kesuburan tanaman. Untuk tingkat pengaruhnya, pada padi akan lebih subur dan menghasilkan lebih dari 40 persen biji daripada yang tidak menggunakan pupuk ini. Sementara kedelai dan jagung 30 persen peningkatannya.

“Desa Sumber Arum, Seluma, jadi percontohan pemanfaatan pupuk pelepah sawit ini,” tutupnya. (Silpah)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.