DLHK Provinsi Bengkulu Mulai Susun Kajian Lingkungan Hidup Strategis

Bengkulu,Nusantaraterkini.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu memulai Konsultasi Publik II untuk penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sebagai proses awal melengkapi Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.

Di mana KLHS bertujuan menghimpun masukan atas strategi pembangunan berkelanjutan dalam kurun waktu 20 tahun mendatang.

Plt. Kepala Dinas LHK Ibu Safnizar, S.Hut., M.P. mengatakan, penyusunan KLHS tesebut berdasarkan ketentuan Surat Edaran dari Kemendagri yang mana ada Dokumen yang wajib disusun untuk turunan RPJPD.

“RPJPD ini disusun untuk 20 tahun berikutnya, yang mana ini rambu atasnya penyusunan turunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ungkap Syafnizar.

Selain itu penyusunan KLHS juga digunakan sebagai instrumen pencegahan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Penyusunan KLHS sendiri sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, RPJPD sudah memiliki rambu-rambu sehingga kita bisa mengambil pertimbangan lingkungan menjadi keputusan dalam perencanaan pembangunan,” pungkasnya.(ADV)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.