DLHK Provinsi Bengkulu, Dorong Inisiatif Bank Sampah untuk Bersihkan Kota Bengkulu

Bengkulu, Nusantaraterkini.com – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring, dalam acara Launching program Bank Sampah Unit (BSU) SRIKANDI di Kota Bengkulu bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu, mengungkapkan bahwa ada 57 titik Bank Sampah yang akan dijalankan, dengan koordinasi dari Bank Sampah Induk (BSI) Sehati.

“Saya sangat bangga bisa melauching Bank Sampah Unit se-Kota Bengkulu dengan 57 titik, yang akan dikoordinir oleh Bank Sampah Induk Sehati. Harapannya, para kader dapat meningkatkan pengolahan dan pemilahan sampah untuk menambah nilai pendapatan,” ujar Usin Abdisyah.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan, Usin Abdisyah juga mengajak kader dan masyarakat untuk aktif dalam mengedukasi tetangga dan lingkungan sekitar mengenai pengelolaan sampah.

“Saya meminta kepada kader lain untuk turut mengedukasi tetangga dan masyarakatnya dalam mengelola sampah. Ini merupakan bagian dari program rutin selama dua tahun yang saya dampingi,” tambahnya.

Selain itu, Usin Abdisyah memberikan pesan khusus kepada anggota DPRD Provinsi Bengkulu agar lebih memperhatikan masalah sampah di ibukota kabupaten. Ia menyoroti pentingnya peran DPRD dalam mengedukasi masyarakat dan mencegah akibat buruk dari penanganan sampah yang tidak memadai.

“Dengan fokus di Kota Bengkulu, sebagai dapil saya dan tempat awal bagi provinsi lain berkunjung, kita dapat memberikan contoh positif. Sampah bukanlah masalah sepele, dan pembinaan harus dilakukan sejak dini untuk mencegah masalah yang lebih besar,” tegas Usin Abdisyah.

Sebagai catatan, Usin Abdisyah juga mengingatkan bahwa dampak dari penanganan sampah yang tidak optimal telah berimbas pada prestasi Adipura Provinsi Bengkulu, yang belum diraih dalam beberapa tahun terakhir. Ia menegaskan perlunya terus menerus melakukan pembinaan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan teratur.

Disisi lain, Plt. Kepala DLHK Provinsi Bengkulu, Syafnizar memberikan selamat kepada seluruh kader lingkungan yang turut hadir dalam acara peluncuran tersebut. Ia menyatakan komitmen bersama untuk melakukan tindakan lebih besar lagi dalam upaya penyelamatan lingkungan, khususnya di daerah tersebut.

“Kita berjanji bersama-sama untuk berbuat yang lebih besar lagi dalam penyelamatan lingkungan, dan semoga inisiatif ini akan menjadi langkah positif untuk menjadikan daerah ini lebih bersih dan berkelanjutan,” ujar Syafnizar.(Red/Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.