Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Disdikbud Empat Lawang, Kedepan Akan Meningkatkan Mutu Pendidikan

Loading...

EMPAT LAWANG – Tugas guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran saja, namun juga harus mampu mengubah peserta didiknya lebih baik lagi. Guru harus juga berperan sebagai motivator, untuk itu guru tak hanya pandai menyampaikan materi pelajaran. Tapi juga mampu mengubah sikap dan perilaku siswa kearah yang lebih baik lagi.

“Tipe guru seperti ini yang saat ini dibutuhkan. Menjadi pendidik memang tugas yang sangat berat. Kedepan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Pendidikan akan meningkatkan mutu pendidikan,” Kata Dra Rita Purwaningsih, Kepala Dinas Pendidikan Empat Lawang kepada Wartawan saat dibincangi di ruang kerjanya, Senin (13/7/2020).

Peran guru sebagai motivator,Lanjut Rita, maka seorang guru harus bisa memberikan dorongan kepada semua siswanya untuk bersikap dan berperilaku positif. Guru harus bisa mengubah siswanya, misalnya yang tadinya tidak punya semangat belajar, menjadi semangat untuk belajar, malas menjadi rajin, kurang disiplin menjadi disiplin, dan sebagainya. 

“Keberadaan seorang guru dalam suatu sekolah tidaklah dapat disangkali lagi, karena tanpa guru sekolah tidak akan dapat berjalan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, namun peran guru tidaklah hanya berhenti sebagai pengajar yang melakukan transfer ilmu saja, karena tanpa adanya peran sebagai motivator maka sia-sialah peran guru sebagai sosok yang melakukan transfer ilmu. Oleh karena itu harus dituntut agar mampu membangkitkan motif atau keinginan siswa dalam berkeinginan belajar demi menigkatkan mutu dunia pendidikan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Berdasarkan kedudukannya sebagai seorang guru tentu memiliki sasaran yang pasti yaitu siswa-siswi yang dihadapinya sehari-hari. Bangkitnya motivasi mereka (siswa,red) untuk meraih suatu prestasi merupakan bagian dari keberhasilannya sebagai pendidik,” jelasnya.(Ardi)

 

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.