Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Dinkes OKU Selatan Turunkan Tenaga Medis, Perketat Protokol Kesehatan di JASS#9

Loading...

OKU Selatan,Nusantara Terkini.com – Guna untuk mengatisipasi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, disebabkan oleh pandemi Covid-19, maka pelaksanaan Opening Ceremony pelepasan peserta JASS#9 yang diikuti 2500 closer dari seluruh daerah di tanah air, digelar di halaman Gedung Dewan Kesenian Kabupaten OKU Selatan, digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Acara pelepasan, dilepas secara langsung Gubernur Sumatera Selatan ( Sumsel), H.Herman Deru, SH, didampingi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Popo Ali, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, Pagdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, dan Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP.,M.si. Sabtu ( 28/08/2020).

Seluruh peserta, dan pengunjung yang mengikuti acara diharuskan mentaati aturan penerepan protokol kesehatan Covid-19, dengan cara menggunakan masker. Selain memakai masker, pelepasan 2.500 peserta dibagi menjadi beberapa kloter untuk mencegah penumpukan agar tetap dapat menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dr., Meri Astuti., MM mengatakan, pihaknya menyiapkan lebih kurang 30 tenaga medis dari dinas kesehatan untuk dilibatkan dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada event Jelajah Alam Serasan Seandanan (JASS#9) ini.

Selain tenaga medis, Dinas kesehatan OKU Selatan juga menunjuk 6 UPTD Puskesmas untuk dilibatkan guna mensuskseskan penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada event tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten OKU Selatan ini.

” Kita menyiapkan 30 personil tenaga medis, menunjuk 6 UPTD Puskesmas dan menyiagakan 8 unit mobil ambulance, 119 dan 1 VIP untuk dilibatkan dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada event JASS#9 ini”. Jelas Meri

Pemeriksaan protokol kesehatan Covid-19 diberlakukan dibeberap lokasi yakni, pintu masuk di gedung dewan kesenian Guest House, dan sepanjang jalur roadshow sampai ke Banding Agung.

Dan Pada jalur roadshow juga, dilakukan pemeriksaan di Kecamatan Buay Rawan yakni di Simpang Tiga Talang Dalam Desa Bumi Jaya, Simpang Tiga Desa Majar, Talang Melancai Desa Gunung Cahaya dan ditambah juga rute Kayu Kemuning.

Selain di Kecamatan Buay Rawan, pemeriksaan juga dilakukan di Turun Tebing Bilik desa Jaga Raga, kecamatan Buay Pemaca dan di Tugu Simpang Tiga kecamatan Simpang Sender.

Memasuki wilayah wisata Danau Ranau, para Crosser juga diperiksa di Talang Gandak Sepagi, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah. Hal ini dilakukan, sebagai bukti nyata pemerintah OKU Selatan konsisten dalam mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19.

” Ini merupakan, keputusan bersama dengan panitia dan peserta JASS#9 untuk disiplin dan konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, guna mengantisipasi persebaran Covid-19,” teranga Mery.

Konsistensi dalam penerapan protokol kesehatan perlu ditingkatkan meski masa adaptasi kebiasaan baru telah diterapkan. Pandemi Covid-19 belum usai, meski telah ada penerapan adaptasi kebiasaan baru, kedisiplinan akan penerapan protokol kesehatan tetap harus menjadi yang utama,” Ujarnya. (SR)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.