Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Dinkes OKU Selatan Serahkan Bantuan Rapid Tes dan APD Covid-19

Loading...

OKU Selatan – Pemerintah daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan melalui dinas kesehatan telah menyalurkan dan memberika bantuan alat pelindung diri (APD) sebanyak 10 buah kepada RSUD, dan telah menyerahkan bantuan dari pemprov Sumsel dalam penanganan percepatan corona di OKU Selatan, Senin (30/03/2020).

Kepala dinas kesehatan Kabupaten OKU Selatan, Meri Astuti melalui kepala bidang (Kabid) pengendalian dan pencegahan penyakit (P2P), Marlis Abadi, SKM.M.M didampingi Kepala seksi (Kasi) survailens, Candra yustino., SKM., menjelaskan untuk jumlah bantuan dari Pemprov Sumsel tersebut baru diserahkan hari ini ke pihak RSUD Muaradua karena baru diterima

Adapun bantuan yang di terima dinas kesehatan kabupaten OKU Selatan dari pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yakini Sars Cov-2 Antibody, Rapid tes sebanyak 80 buah, 12 Swab Dafron, 6 buah VTM.

“Untuk 80 buah rapid tes tersebut, telah disalurkan ke RSUD Muaradua sebanyak 40 buah dan untuk Dinkes 40 buah, serta 6 VTM yang telah diserahkan, guna mengantisipasi para tim medis yang tengah menangani pasien baik (ODP) dan pasien (PDP) yang saat ini sedang dirawat di RSUD Muaradua,” jelasnya.

Untuk diketahui VTM (Viral transport media), merupakan media sejenis tabung yang digunakan untuk meletakkan spesimen yang diambil dari pasien menggunakan metode Swab.

Dengan alat VTM itu, Swab dibawa ke laboratorium pemeriksaan untuk diketahui apakah ke 3 pasien PDP tersebut positif atau negatif Corona.

“VTM sangat penting karena tanpa alat itu, pengecekan Virus Corona tidak akan berhasi,” pungkas Marlis. (Suardi)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.