Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Tulungagung Gelar Pelatihan Olahan Hasil Ikan

Nusantaraterkini.com | Tulungagung – Puluhan anggota koperasi wanita mendapatkan pelatihan keterampilan olahan hasil perikanan diadakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kabupaten Tulungagung bertempat di Hall Liiur, pada(12-13/10/2021).

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Dr. Slamet Sunarto, M.Si,. Turut hadir selaku narasumber dari kalangan profesional luar daerah yaitu Sulistyaningsih, Muhammad Rizky Ardiansyah dari CV. Wiva Herotama Sejahtera Sidoarjo sebagai juru masak/chef yang memberikan materi terkait pengolahan hasil ikan, sedangkan dari dalam daerah Kasi Perbekalan dan Farmasi Dinas Kesehatan Tulungagung Masduki, M.Kes sebagai pemateri makanan sehat dan pengurusan PIRT.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan dan perlindungan koperasi yang keanggotaannya dalam Daerah Tulungagung. 

Selain itu, dengan adanya program pelatihan ini dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan bagi para anggota koperasi, serta mendorong koperasi menjadi salah satu alternatif sektor bisnis. selain usaha simpan pinjam yang kini tengah mengalami kendala kemacetan pembayaran karena pandemi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Slamet mengatakan, pelatihan tersebut diikuti 35 orang anggota Koperasi Wanita dari 13 kecamatan yang berada di wilayah Tulungagung. Pelatihan mengambil tema yang berkaitan dengan perikanan. Dikarenakan wilayah Kabupaten Tulungagung adalah sentra penghasil ikan.

“Kita melaksanakan kegiatan pelatihan ini berbasis perikanan, di mana Tulungagung untuk perikanan luar biasa sehingga kita mendatangkan para pelaku anggota koperasi di 13 kecamatan yang berada di wilayah kabupaten Tulungagung.” tuturnya.

Lebih lanjut, Pihaknya menyampaikan kegiatan pelatihan digelar bertujuan untuk belajar bersama terkait dengan olahan perikanan. Pada hari pertama digunakan untuk praktek bagaimana pengolahan hasil ikan dengan dua (2) narasumber sebagai chef, untuk hari kedua tata cara pemasaran produk dan cara mengurus PIRT yang disampaikan masduki.

“Hari ini sama besok materinya tidak serta-merta hari ini saja, maka praktek hari pertama ada kelanjutannya untuk besok tata cara untuk pemasaran produknya dan bagaimana mengurus PIRT yang materinya dari dinas kesehatan.” Jelasnya.

Selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Berharap para ibu-ibu dapat memasarkan produknya dan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro sebagai pembina mempunyai wadah berupa lapak UMKM untuk menampung hasil yang dapat menjembatani produk-produk usaha mikro yang ada di Tulungagung Bagaimana memasarkannya secara online. (Gal)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.