Dinas Kominfo Sekadau Himbau Masyarakat Tidak Percaya Hoax

Sekadau, Nusantaraterkini.com – Dinas Komunikasi Dan Informasi Sekadau Kalimantan Barat menghimbau masyarakat supaya tidak mudah percaya terhadap informasi yang tak jelas kebenarannya, berbagai informasi di media sosial Facebook, Whatsapp saat ini kerap ditemukan informasi hoax masyarakat diharapkan jangan cepat mempercayai apa lagi menyebarkan.

” Apabila mendapat informasi atau berita yang meragukan kebenarannya, cek dulu sumbernya darimana lalu cek juga faktanya seperti apa, kalau dari instansi atau lembaga, bisa mengakses alamat laman instansi tersebut jangan langsung menyebarkan atau mendistribusikan ” jelas Sabas Kepala Dinas Kominfo Sekadau pada Kamis(18/3/2021) di Sekadau.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan, masyarakat setidaknya bisa jadi polisi bagi dirinya sendiri guna membentengi, menangkal serta memerangi informasi hoax.

Kepala Dinas Kominfo juga menjelaskan, pemerintah daerah lewat dinas terkait dalam berbagai kesempatan, terus menyampaikan kepada masyarakat supaya jangan mudah percaya atas informasi hoax.

“Baru – baru ini tersebar informasi di jejaring sosial yang mengatakan, mereka yang bekerja antara tahun 2020 – 2021 berhak memperoleh santunan sosial finansial dari BPJS sebesar Rp. 3.500.000,-” jelasnya.

Namun setelah di cek fakta dan informasi ini telah dibantah oleh BPJS, bahwa itu adalah tidak benar sambungnya.

Mengutip dari kominfo.go.id, Kemeterian Komunikasi Dan Informasi RI mencatat sejak 23 Januari 2020 hingga 1 Februari 2021 terdapat 1402 isu hoax berkaitan dengan covid 19. Khusus vaksin Kominfo menangani 97 temuan. (jr)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.