Dinas Ketahanan Pangan Wujudkan Kepedulian dengan Salurkan Bantuan ke KK Kurang Beruntung

Nusantaraterkini.com | Tulungagung – Dalam mewujudkan peningkatan ketahanan pangan ditingkat rumah tangga pada masyarakat kurang mampu di masa pandemi covid-19, Maka Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Ketahanan Pangan bersama DPRD Kabupaten Tulungagung menyalurkan Bantuan Intervensi kepada Kepala Keluarga (KK) Kurang Beruntung,  pada rabu (01/12/2021).

Pelaksanaan kegiatan tersebut diselenggarakan di tiga tempat wilayah Kecamatan Kedungwaru yakni Desa Tawangsari, Winong dan Boro dengan waktu berbeda yang telah dijadwalkan. Dalam prosesnya Penyaluran Bantuan Intervensi tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga paket bantuan diberikan kepada 70 masyarakat penerima bantuan dengan dua sesi di setiap desa.

Turut hadir dalam acara kali ini Anggota Komisi B DPRD Tulungagung Sofyan Heryanto, SE, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Ledang Hadiwiyono S.P, Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dra. Noor Erliani, Kasi Kecamatan Kedungwaru, Kepala Desa, Babinkantibmas, Babinsa serta masyarakat penerima bantuan.

Sekretaris Dinas Ketahanan  Pangan Ledang Hadiwiyono S.P menyampaikan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar utama setiap manusia, Penyaluran Bantuan Intervensi tersebut merupakan pelaksanaan dari  Program Penanganan Kerawanan Pangan Kewenangan Kabupaten yang digagas Dinas Ketahanan Pangan guna mengatasi masalah kerawanan pangan di Kabupaten Tulungagung.

Program bantuan ini juga ditujukan untuk membantu ketersediaan pangan masyarakat agar tercukupi  dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang mana dampaknya berpengaruh pada semua sektor kehidupan.

” Kami memberikan bantuan pada masyarakat agar ketersediaan pangan ditingkat keluarga tetap tercukupi  baik jumlahnya, mutunya, aman, beragam, bergizi dan merata sehingga masyarakat tetap bisa hidup sehat aktif dan produktif dalam menghadapi masa pandemi covid-19″,ucapnya.

Pihaknya juga menambahkan, Program pembagian bantuan pada tahun 2021 ini diberikan kepada 1230 kk penerima yang tersebar di 17 desa di 6 kecamatan.  Setiap paketnya berupa 10 kg beras, 4kg gula pasir, kecap manis, dan 2 kg minyak goreng.

“Bantuan yang sudah dan akan kita berikan berupa bahan pangan sejumlah 1230, untuk 6 kecamatan di 17 desa, ” Tambahnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi B DPRD Tulungagung Sofyan Heryanto, SE mengatakan bahwa kegiatan penyaluran bantuan adalah bentuk perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19.

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat untuk tetap aktif melakukan kegiatan dimasa PPKM level 3 yang serba terbatasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M.

“Kami berharap masyarakat tetap menerapkan prokes 5M secara disiplin dalam melakukan aktifitas kegiatan dimasa PPKM level 3 ini, “ujarnya.(Gal)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.