Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Diklat Advance Coding INA-CBGs RSUD M. Yunus Sukses

Loading...

Prof. Dr. Syed Mohamed Aljunid, MD, MSc, PhD, DLSHTM, FAMM, FPHMM, DSNS
RSUD M. Yunus Bengkulu menghadirkan Prof. Dr. Syed Mohamed Aljunid, MD, MSc, PhD, DLSHTM, FAMM, FPHMM, DSNS dari ITCC UKM sebagai narasumber kegiatan Diklat Advance Coding For Specialist In INA-CBGs

NusantaraTerkini.Com – Guna memberikan pengetahuan dan kemampuan kepada dokter spesialis di rumah sakit, dalam penulisan diagnosa dan prosedur ICD 10 dan ICD 9 cm yang sesuai dengan standar internasional dan memberikan pengetahuan korelasi antara penulisan diagnosa dan prosedur dengan klaim dan pendapatan rumah sakit, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Yunus (RSMY) Bengkulu menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Advance Coding For Specialist In INA-CBGs.

Wadir Pelayanan RSMY dr. Zulkimaulub R, SPAn
Wadir Pelayanan dr. Zulkimaulub R, SPAn

Selain itu, menurut Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSMY dr. Zulkimaulub R, SPAn, diklat ini juga bertujuan agar dokter memahami penulisan diagnosa dan prosedur dan coding morbidity berdasarkan standar internasional. Sebab penulisan diagnosa dan prosedur yang benar akan membuat klaim rumah sakit menjadi lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara medikolegal serta mengurangi kesalahan klaim kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Wadir Penunjang Medik dan Pendidikan RSMY dr. Hartin Nita Wulansari
Wadir Penunjang Medik dan Pendidikan dr. Hartin Nita Wulansari

Adapun Wadir Penunjang Medik dan Pendidikan RSMY dr. Hartin Nita Wulansari menginformasikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di Aula RSMY, 1 dan 2 September 2016. Dengan menghadirkan langsung narasumber dan fasilitator dari ITCC UKM di bawah pimpinan Prof. Dr. Syed Mohamed Aljunid, MD, MSc, PhD, DLSHTM, FAMM, FPHMM, DSNS, Professor of Health Economics, Consultant Public Health Medicine and Senior Research Fellow, Dr. Amrizal Muhammad Nur, MD, MSc, PhD dan Health Economist and Senior Research Fellow Consultant ITCC. Kemudian didampingi Team Health Economic dari PT. Kreatif Inti Utama Consula, dr. Laura Mayanda, M.Kes dan Nur Asni Gani, S,Sos, MM.

Untuk peserta diklat, diikuti seluruh dokter yang mewakili setiap rumah sakit se-Provinsi Bengkulu, baik negeri maupun swasta. “Dalam diklat ini peserta akan menerima materi seperti klasifikasi ICD untuk specialist, aturan morbidity coding dan sistem klasifikasi prosedur dalam INA-CBGs, logic grouper INA-CBGs, dampak coding error dalam rembursement rumah sakit, monitoring dan evaluasi serta peranan spesialis dalam optimalisasi grouping untuk INA-CBGs,” kata dr. Nita.

Wadir UK Mariani, S.Stp, SKM
Wadir UK Mariani, S.Stp, SKM

Sementara itu, Wadir Umum dan Keuangan (UK) RSMY Mariani, S.Stp, SKM menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menyelaraskan prosedur diagnostik dan terapeutik dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang mengacu kepada metode perhitungan INA-CBGs. Dimana metode ini melihat penyakit secara utuh berdasarkan coding dan grouping diagnostik yang dilakukan tenaga medis dan coder.

Peningkatan pengetahuan para dokter dalam penulisan diagnose dan prosedur sangat diperlukan karena input dari claim JKN sangat ditentukan dari apa yang ditulis oleh dokter. Apabila dokter tidak menulis dengan lengkap akan berakibat pada pengcodean pelayanan kesehatan yang tidak tepat. “Bisa undercoding yang berakibat pada rendahnya tagihan rumah sakit, bahkan juga menjadi fraud apabila terjadi upcoding. Untuk itu pelatihan ini sangat diperlukan,” demikian Mariani. [NU009/ADV]

1 RSMY
Pelatihan Advance Coding FOR SPECIALIST IN INA-CBG di RSUD M. Yunus
2 RSMY
Aktivitas diklat terlihat santai namun serius bersama narasumber terkemuka
3 RSMY
Peserta Diklat RSUD M. Yunus Bengkulu serius mendengar arahan Trainer
4 RSMY
Diikuti dokter dan coder se-Provinsi Bengkulu, RSMY sukses menggelar diklat
5 RSMY
Tampak antar peserta diklat RSMY terlibat diskusi yang seru dan menarik
6 RSMY
Peserta mempresentasikan materi kelompoknya di hadapan narasumber
7 RSMY
Diklat Advance Coding sukses. Wadir Pelayanan dan panitia tersenyum lepas

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.