Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Di Tempat Tugas TMMD Banyumas, Babinsa Tumbuhkan Minat Baca Anak

Loading...

Banyumas – Budaya gadget juga telah merambah anak-anak desa yang terletak di ketinggian 420 mdpl, yaitu Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, desa yang saat ini menjadi sasaran pembangunan melalui TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas.

Jika tidak ada kepedulian untuk memulai dan mengarahkan mereka, jelas hal itu mengancam tumbuh kembang mereka sehingga akan menjadi pribadi yang berkarakter apatis, individualistis, dan bisa terjerumus ke porno aksi.

Koptu Hasan, salah satu Babinsa Koramil 15 Pekuncen, Kodim Banyumas mengatakan, kemajuan teknologi terkadang lebih condong dimanfaatkan anak untuk hal yang negatif. Sehingga selain menjadikan anak berkarakter tersebut, mereka juga dapat terjerumus kedalam aliran atau ajaran sesat sehingga menjadi kader terorisme.

Bertepatan dengan momentum Hari Anak Nasional 2020 (23/7), dirinya berupaya memotivasi mereka untuk senang membaca buku.

“Selaku Babinsa yang bertugas membantu Satgas TMMD Reguler Banyumas, saya berupaya meningkatkan minat baca anak agar kemampuan literasinya lebih baik lagi,” ungkapnya, Rabu (23/7/2020).

Menurutnya, selain minat baca, membangun karakter generasi bangsa agar mempunyai kualitas dan kapasitas yang unggul, sopan dan beretika, harus dilakukan sedini mungkin.

“Selain baca tulis, kita juga jangan mengesampingkan pendidikan agama, kerana juga akan membentuk akhlak anak menjadi seorang yang beretika dan menghargai segala perbedaan suku, ras dan agama, yang menjadi kekayaan bangsanya,” imbuhnya.

Ditambahkannya, android/gadget harus kita batasi dan awasi penggunaannya, arahkan anak untuk memanfaatkan kemajuan teknologi itu untuk mencari ilmu yang bermanfaat dalam menunjang proses belajarnya di sekolah.

Pasalnya, alat elektronik tersebut sangat mempengaruhi rendahnya minat baca anak dan kegiatan sosial mereka dengan kawan-kawan sebayanya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.