Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Di Tempat Tugas, Prajurit Yonif 405 Surya Kusuma Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini

Loading...

Banyumas – Memanfaatkan waktu luang tugasnya sebagai anggota Satgas TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Prada Agung Surya Ramadhan, Prada Alvinda Ilham Dewangga, dan Prada Yopi Haryanto, memberikan edukasi wawasan kebangsaan dan cinta tanah air kepada anak-anak MI Ma’arif NU 01 Petahunan. Sabtu (18/7/2020).

Dikemukakan Prada Yopi Haryanto, apa yang dilakukan merupakan bentuk motivasi melalui penyuluhan non fisik TMMD Reguler.

Menurutnya, penanaman kesadaran bela negara sebagai bentuk revolusi mental, harus diterapkan sedini mungkin agar generasi bangsa memiliki daya tangkal dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh.

“Pembekalan ini adalah upaya TNI untuk menumbuhkan cinta tanah air, setia kepada ideologi Pancasila, rela berkorban bagi bangsa dan negara, dan juga agar anak memiliki kemampuan dasar bela negara sedini mungkin,” tegasnya.

Melalui edukasi bela negara, diharapkan terbentuk karakter disiplin, optimisme, kerjasama dan kepemimpinan untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara kedepannya.

“Penanaman bela negara hendaknya dimasukan kedalam kurikulum sekolah dari SD sampai tingkat atas, sebab jika tidak maka akan berdampak pudarnya jiwa nasionalisme dan kecintaan atau kebanggan terhadap NKRI,” tandasnya.

Ditambahkannya, kekuatan rakyat bukanlah kekuatan yang bersifat fisik atau materiil saja, namun merupakan kekuatan jiwa yang sangat kuat didasarkan atas kecintaannya yang mendalam terhadap bangsa dan negaranya.

Untuk diketahui, edukasi non fisik TMMD tersebut, melalui restu dari Ihwan Ciptadi, selaku Kepala Sekolah MI Ma’arif NU 01 Petahunan.

Bagi pihaknya, motivasi yang ditanamkan TNI kepada para anak didiknya itu, sangat bermanfaat untuk mengisi kegiatan libur sekolah terkait pandemi covid-19. Untuk itulah dirinya mengucapkan banyak terima kasih karena kegiatan tersebut sangat penting untuk membentuk karakter disiplin anak didiknya sejak dini. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.