Terbit : 5 Oktober, 2019 - Jam : 21:09

Di Tempat Tugas, Anggota Satgas TMMD Reguler Cilacap Budayakan Minat Baca Anak

Loading...

Cilacap – Menurunnya minat membaca pada anak tidak terlepas dari modernisasi teknologi gadget atau android. Kini barang ini sudah menjadi konsumsi pokok masyarakat termasuk anak-anak sekolah.

99,9 persen buku yang ada di pasaran atau toko buku, berisi informasi atau edukasi positif. Sebaliknya, anak akan sangat mudah mengakses informasi dan edukasi melalui android, begitu juga dengan mudahnya mengakses pornografi ataupun hal negatif lainnya.

Menyikapi hal ini, Sertu Mulyono, anggota Kodim 0703 Cilacap yang sedang bertugas tergabung dalam Satgas TMMD Reguler 106 Cilacap, merasa perlu memberikan motivasi menumbuhkan minat baca anak-anak desa sasaran pembangunan, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Tampak Mulyono sedang mengarahkan anak dengan bahasa yang mudah dicerna murid-murid SDN Cilibang 02 Kecamatan Jeruklegi, setelah membagikan buku bacaan. Jumat (4/10/2019).

“Tentu saja manfaat dan tujuan membagikan buku bacaan TNI akan menginspirasi dan mendidik mereka rasa nasionalisme dan jiwa patriotisme. Ini juga tidak melenceng dari program nasional yang ingin menciptakan generasi yang memiliki SDM unggul dan berkarakter kebangsaan,” ucap Mulyono.

Dikatakannya juga kepada media, selain masalah ekonomi dan kesadaran, minimnya tingkat membaca juga dipengaruhi faktor bacaan yang belum maksimal menjangkau ke pelosok desa.

Harapannya, setelah tumbuhnya minat baca, maka mereka akan tambah haus lagi untuk mencari referensi buku bacaan yang lain, seperti koran, tabloid dan lain-lain. Terutama yang banyak gambarnya, ini tidak masalah yang penting tumbuh dulu minat baca, sehingga terciptanya generasi Cilibang yang cerdas serta cinta akan tanah air dan bangsanya tidak hanya slogan saja.

“Harus ada yang menjadi teladan bagi mereka, jika telah tumbuh minat baca atas dorongan maka saya yakin akan bertambah pengetahuan mereka baik pendidikan, olahraga, hiburan, obyek wisata dan masih banyak informasi lainnya yang bersifat positif,” pungkasnya. (Pendim Cilacap/Aan)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.