Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Di Pantirejo Pekalongan Kini Ada Berjemur Secara Physical Distancing

Loading...

Pekalongan – Tradisi berjemur yang biasa dilakukan anggota Satgas TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan sewaktu masih bertugas di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, kini mulai diaplikasikan di Halaman Balai Desa Pantirejo.

Tampak Babinsa Koramil 05 Kesesi, Kodim Pekalongan, memotivasi sejumlah masyarakat setempat untuk melakukannya. Sabtu (18/4/2020).

Disampaikan Sertu Suwandi, pihak desa sudah menyiapkan kursi yang diatur jarak di halaman kantor desa atau di depan Posko Covid-19 Pantirejo, tinggal manusianya yang berjemur.

“Sebelum di tutup TMMD Reguler (14/4), kebiasaan berjemur di lokasi pembangunan jalan dan talud, dilakukan oleh anggota Satgas TMMD. Inilah yang menginspirasi pihak desa untuk menirunya,” ujarnya.

Ditambahkannya, selain berjemur, upaya yang ditiru dan langsung diaplikasikan adalah penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah dan tempat berkumpul warga, penyiapan wastafel untuk tempat cuci tangan, menyiapkan termometer inframerah untuk mengukur suhu, dan mengkarantina warga pulang merantau selama 14 hari agar tidak keluar rumah.

“Pemerintah Desa Pantirejo, kini juga melakukan penyemprotan dan pengukuran suhu tubuh kepada para tamu yang masuk desa, sebagai upaya pencegahan penularan virus corona,” imbuh Suwandi.

Ditambahkannya, selain itu pihaknya juga terus memotivasi agar warga sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir minimal selama 20 detik, menggunakan masker, membersihkan lingkungan, rajin berolahraga dan menerapkan physical distancing. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.