Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Di Paluta Terdapat Satu Orang Pasien Dalam Pantauan

Loading...

Padang Lawas Utara – Juru bicara Tim Terpadu Percepatan Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Lairar Rusdi Nasution menyampaikan Dinas Kesehatan Paluta pada hari Senin tanggal 30 Maret 2020 menetapkan 1 orang pasien dalam pantauan (PDP).

Hal tersebut disampaikannya kepada awak media melalui pesan WhatsAppnya, Senin (30/3) pada pukul 19.40 WIB.

Lebih lanjut Lairar mengungkapkan, untuk orang dalam pantauan (ODP) bertambah menjadi 5 orang dan untuk pelaku perjalanan dipantau bertambah menjadi 674 orang.

Lairar menjelaskan, penetapan status PDP belum berarti positif, namun begitu, melihat dari kondisi terakhir yang bersangkutan sudah bisa dikategorikan PDP.

“Yang bersangkutan (PDP) sudah membutuhkan perawatan, penentuan status positif/negatif dalam beberapa hari kedepan akan dilakukan tes kepada yang bersangkutan. Dan kita masih menunggu alat Sweb dikirim dari Medan,” terang Lairar tanpa menyebut identitas PDP tersebut.

Lanjut Lairar, untuk sementara waktu kepada PDP dilakukan pemantauan ketat dan isolasi mandiri di rumah. Saat ini pihak keluarga serta Tim sedang melakukan penelusuran riwayat perjalanan sebelum dan setelah pasien mengalami gejala sakit.

“Kepada masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik. Lebih baik membantu Tim dalam melakukan rekam jejak perjalanan yang bersangkutan sebelum dan setelah sakit,” imbaunya.

Lairar mengajak masyarakat untuk lebih proaktif dalam mengawasi warga yang keluar masuk dan melaporkannya kepada aparat desa atau kecamatan guna mengantisipasi pendatang yang kemungkinan besar menjadi perantara penyebaran virus khususnya yang berasal dari daerah pandemi Covid-19.

Informasi yang dihimpun dari Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Asset Daerah Paluta, Patuan Rahmat Hasibuan, Pemkab Paluta sudah menyiapkan anggaran untuk percepatan penanganan dan pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) sebesar Rp5.545.169.000.

Alokasi anggaran penanganan Covid-19 yang prioritasnya untuk petugas medis serta pengadaan alat pelindung diri (APD) ini bersumber dari pergeseran atau realokasi penganggaran APBD Pemkab Paluta tahun 2020. (AYH)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.