Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Di Lokasi TMMD Reguler Banyumas, Prajurit Yonif 405 Surya Kusuma Tetap Pekikkan Yel-yel

Loading...

Banyumas – Puluhan prajurit Yonif 405 Surya Kusuma, memekikkan yel-yel pembangkit semangat kerja sebelum menuju lokasi pekerjaan TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, yaitu pengecoran jalan 1,8 kilometer, lebar 3,75 meter, dimana di hari kedelapan TMMD ini progresnya melanjutkan 564 meter. Selasa (7/7/2020).

Tampak mereka melakukannya di halaman MI Ma’arif NU 01 Petahunan, Jalan Semingkir, Dukuh Semingkir RT. 04 RW. 03, Petahunan, sekolahan yang sementara dijadikan mereka tempat pemusatan tinggal selama satu bulan bertugas.

Dibenarkan Letda Chb. Heru Setiawan, Dan SST Satgas TMMD Reguler 108 Banyumas dari Batalyon tersebut, bahwa yel-yel sudah menjadi ciri khas satuannya untuk melecut semangat baik di medan tugas maupun saat akan berangkat ke medan operasi tempur.

“Jika di medan tempur ya saat akan berangkat ke lokasi sasaran saja. Kalau di hutan ya tidak karena malah jadi petaka,” ujarnya berseloroh.

Dikatakannya juga, saat di lokasi kerja, untuk menimbulkan motivasi dan hiburan kepada masyarakat dirinya juga sering memimpin melakukannya.

“Sangat ampuh untuk mengundang tawa masyarakat dan menggugah semangat kerja mereka, terutama saat terik di siang hari. Kalau malam tidak, takutnya para mahluk gaib di sekitar tempat lembur pengecoran pada kabur,” tandasnya.

Ditambahkannya, target pembangunan fisik yaitu jalan tersebut sangat berat sehingga juga dilakukan lembur malam. Jelas tak hanya fisik, namun keikhlasan disertai hati yang riang pastinya akan membuat masyarakat terbakar, sehingga mereka akan merasa bangga dengan keberadaan TNI di tengah-tengah mereka.

“Kami berada di tengah-tengah masyarakat sehingga harus selalu semangat dalam bekerja, karena kita patokan mereka,” pungkasnya.

Untuk diketahui, setiap satuan di lingkungan TNI wajib memiliki yel-yel sebagai identitas satuannya. Dengan yel-yel juga maka jika di dengar musuh juga akan ciut nyalinya. Pasalnya, pekikan dan gerakannya merupakan cermin semangat setiap satuan.

Dapat disimpulkan, jika saat melakukannya dengan semangat maka dapat dipastikan bahwa moril prajurit itu tinggi. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.