Terbit : 6 November, 2019 - Jam : 22:20

Desa Cilibang Jeruklegi Cilacap, Kini Menjadi Kampung Gemar Membaca Dan Ramah Anak

Loading...

Cilacap – Ramai di media sosial membicarakan tentang Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sebagai desa tempatnya anak gemar membaca.

Salah satu solusi efektif dari Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan pendidikan anak, adalah dengan menyelaraskan dengan program non fisik TMMD Reguler 106 Kodim 0703 Cilacap yang telah selesai dilaksanakan akhir bulan lalu (31/10), yaitu perpustakaan mobil dan andong/delman keliling.

Kini pasca rampungnya program tersebut, pendampingan kepada anak-anak Cilibang masih dilakukan oleh Sertu Mulyono, Babinsa Koramil 17 Dayeuhluhur, Kodim Cilacap, salah satu anggota Satgas TMMD Reguler yang mendapatkan penghargaan dari Kasdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, SE.MM, sebagai anggota Satgas inspiratif.

Terlihat dirinya masih mengoperasionalkan mobil elf perpustakaan keliling di halaman PAUD Barokah, Cilibang, didampingi salah satu guru, Yuni Winarsih (35). Rabu (6/11/2019).

Dijelaskan Yuni Winarsih, untuk mengatasi masalah kekerasan pada anak baik yang bersifat fisik maupun psikis, salah satunya dengan kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA).

“Terpenting dan harus terpenuhi adalah anak merasa nyaman, guru dalam kondisi tenang dan orangtua bahagia,” tegasnya.

Lanjutnya, di SRA PAUD Barokah, anak-anak tidak hanya dilindungi dari kekerasan saja, namun juga dari segala ancaman seperti rokok, jajanan tak sehat, NAPZA, lingkungan tidak layak, radikalisme dan karakter buruk.

“SRA juga harus membuat proses pembelajaran menyenangkan dengan inovasi. Untuk itulah kami meminta bantuan perpustakaan keliling Kodim Cilacap dalam mendukungnya,” imbuhnya.

Sementara dikatakan Sertu Mulyono bahwa, terobosan dari Kodim untuk menggalakkan anak Cilibang gemar membaca buku, dinilainya juga berhasil memotivasi guru dan para wali murid.

“Jika anak-anak disini terus gemar membaca buku-buku ilmu pengetahuan, maka Desa Cilibang layak disebut kampung gemar membaca,” ucapnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.