Dempo Xler: Waspada Potensi Bencana saat Musim Hujan

Bengkulu, Nusantaraterkini.com– Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, juga mengingatkan potensi bahaya bencana alam saat musim hujan. Dia menyatakan bahwa wilayah Bengkulu sering mengalami masalah saat musim penghujan, seperti tanah longsor dan banjir yang dapat menimbulkan kerusakan pada infrastruktur dan menimbulkan dampak yang merugikan.

Dempo Xler menuturkan bahwa wilayah Bengkulu memang memiliki kondisi geografis yang rentan terhadap bencana, seperti lereng-lereng curam, tanah yang lembek, dan banyak kawasan aliran sungai. Untuk itu, masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

Menjaga Kebersihan Lingkungan Dengan menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, maka kita juga sudah ikut menjaga drainase serta membuat lahan terbuka sebagai tangkapan aliran air.

Melakukan Pemeliharaan dan Perbaikan Infrastruktur Pemeliharaan dan perbaikan infrstruktur seperti jalan, irigasi dan saluran air sangatlah penting, karena dapat membantu menanggulangi masalah yang muncul saat musim hujan tiba.

Menyiapkan Rencana Bencana Masyarakat juga dapat menyiapkan rencana bencana saat musim hujan datang, termasuk menentukan rute evakuasi dan persiapan surat-surat penting serta kebutuhan darurat lainnya.

Memastikan Kesiapan Peralatan Peralatan untuk menghadapi bencana seperti alat penerangan, tenda, makanan dan minuman cadangan, obat-obatan berikut pertolongan pertama juga harus tersedia dan siap digunakan.

Membuat Posko Siaga Bencana Posko siaga bencana dibuat untuk memahami, mempersempit daerah rawan bencana dan bagaimana tindakan pertama yang harus dilakukan ketika terjadi bencana alam. Kemudian masyarakat bisa berkumpul di posko bencana sebagai jalur evakuasi ketika ada bencana alam yang terjadi.

Dempo Xler menegaskan bahwa aspek kesiapsiagaan, pencegahan, dan pengurangan risiko bencana alam harus menjadi prioritas utama bagi masyarakat dan pemerintah saat memasuki musim hujan. Kepedulian bersama dan kerja sama masyarakat dengan pemerintah tentunya sangat dibutuhkan untuk mengurangi risiko bahaya bencana alam.

Dalam upaya menghadapi bencana alam saat musim hujan, masyarakat dan pemerintah harus saling bekerja sama dan berkoodinasi untuk memastikan kesiapan yang memadai. Dengan mengambil tindakan pencegahan dan persiapan yang tepat, semoga dapat mengurangi kerugian dan dampak bencana yang dapat terjadi. (adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.

You cannot copy content of this page