Dempo Xler Dorong Penyediaan TPS di Lingkungan Kampus untuk Pemilu

Bengkulu, Nusantaraterkini.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempertimbangkan penyediaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di lingkungan kampus pada pemilihan umum mendatang.

Menurutnya, langkah ini akan memfasilitasi partisipasi pemilih dari kalangan mahasiswa.

“Kalau selama ini ada TPS khusus di rutan, kenapa tidak ada TPS kampus. Jadi pemilu kedepannya ini bisa dipertimbangkan,” ujar Dempo pada Senin (19/2/2024) kemarin.

Dempo menegaskan bahwa melibatkan mahasiswa dalam proses demokrasi, terutama dalam Pemilu, sangat penting.

Meskipun mahasiswa hanya dapat memilih untuk beberapa posisi, seperti calon presiden (capres), Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), partisipasi mereka memiliki nilai signifikan dalam arah negara.

“Dengan menyediakan TPS di lingkungan kampus, diharapkan akan mempermudah para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum dan menyuarakan hak suaranya,” tambahnya.

Dempo juga mengajak Pemerintah dan KPU untuk mempertimbangkan usul tersebut dalam penyelenggaraan Pemilu mendatang.

Menurutnya, partisipasi mahasiswa sebagai representasi suara generasi muda akan memberikan kontribusi penting dalam membangun negara yang lebih baik dan demokratis.

“Langkah seperti ini juga sejalan dengan semangat partisipasi aktif dalam proses demokrasi yang diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat,” jelas Dempo. (Adv)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.