Data Update Kewaspadaan Terintegrasi Satgas Covid-19 Butur

BUTON UTARA – Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Buton Utara (Butur), dr Ali Badar, merilis Data terbaru perkembangan Covid-19 di Butur per tanggal 19 Oktober 2020.

Kasus Baru di Sulawesi Tenggara 226 orang dengan rincian :
– Kendari 66
– Konawe Selatan 10
– Konawe 18
– Kolaka 106
– Bombana 1
– Kolaka Utara 25

Untuk data laporan kabupaten Butur dengan Rincian :

1.Kasus Baru Suspek =0
2.Kasus Baru Probable=0
3.Kasus Baru Konfirmasi Positif= 4 orang
4.Kasus Baru Kontak Erat=10
5.Kasus Discarded=0
6.Kasus Selesai Isolasi=0
7.Kasus Baru Kematian= 0
8. Total Kasus Sementara Isolasi= 7

Rincian laporan pengambilan Swab
-Total Pengambilan Sampel:
143 Sampel

dr Ali Badar juga mengatakan, untuk empat kasus baru adalah kontak erat dengan pasien positif yang ke-13. Satgas Covid-19 Provinsi tidak dimasukan sebagai kasus baru karena pasien sudah selesai menjalani masa isolasi/karantina.

“tapi tetap dimasukan sebagai kasus sementara menjalani masa isolasi karena hasil pemeriksaan reverse-transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR) baru keluar kemarin,” Katanya.

Sesuai pedoman kemenkes, pasien positif tanpa gejala menjalani isolasi mandiri selama 10 hari sejak pengambilan sampel RT-PCR meskipun tidak dilakukan pemeriksaan Swab kontrol dan pasien tersebut dinyatakan selesai isolasi atau sehat.

Beberapa minggu terakhir, lanjut dr Ali Badar, adanya keterlambatan pemeriksaan sampel karena masalah teknis (diantaranya bahwa sampel dikirim ke makassar disebabkan mesin PCR RS Bahtermas mengalami gangguan), sehingga pada Hasil pemeriksaan sampel keluar setelah pasien dinyatakan selesai Isolasi.

Empat pasien tersebut, Satgas Kabupaten akan mengirimkan ulang hasil selesai isolasi pada hari ini, agar data di Satgas Provinsi sama dengan data Satgas Butu, disertai dengan penambahan 2 pasien positif lainnya dinyatakan sehat setelah menjalani perawatan di Kendari.

(Boy )

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.