Dari Wawasan Kebangsaan, Bahaya Narkoba dan HIV Hingga PBB Dikenalkan Satgas 501 Kostrad

NusantaraTerkini.Com, Papua – Dalam rangka kegiatan masa orientasi siswa baru di SMK 4 Jayapura, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Pos Skamto mendapat kehormatan memberikan penyuluhan kepada para siswa yang sedang mengikuti orientasi.

Dalam kegiatan tersebut, Personel Pos Skamto memberikan empat materi, yaitu materi Wawasan Kebangsaan, Bahaya Narkoba, Pengenalan virus HIV, dan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), Selasa (17/7).

Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Letkol Inf. Eko Antoni Chandra
mengatakan keempat materi diatas sangatlah tepat diberikan kepada para Siswa yang akan menginjak masa remaja.

“Karena narkoba dan HIV seringkali menyerang mereka yang sedang dalam proses mencari jati diri atau remaja,” ujar Dansatgas.

Lebih lanjut dijelaskan, materi yang diberikan kepada para siswa bertujuan agar mereka bisa lebih mencintai negara, mengerti dan memahami serta terhindar dari bahaya narkoba dan virus HIV, selain juga melatih kedisiplinan para siswa melalui pelatihan PBB.

Dalam materi wawasan kebangsaan, personel Satgas mengajarkan tentang makna sumpah pemuda, Pancasila, dan semangat para pahlawan kemerdekaan dalam berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

“Pada materi tentang bahaya narkoba dan pengenalan virus HIV, personel Satgas menampilkan gambar gambar dan video yang mengenalkan jenis dan efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi narkoba, serta cara cara penularan virus HIV.

Personel Satgas juga menjelaskan narkoba dan HIV merupakan dua hal yang sangat berbahaya yang sering menyerang para remaja.

Kepala Sekolah SMK 4 Jayapura, Ir.Joselina akerina S.Mi mengapresiasi Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad dalam upaya pemberian materi tersebut.

“Kami berterimakasih karena walaupun cuaca hujan, personel Satgas tetap semangat memberikan materi untuk anak didik. Kami berharap para siswa bisa mencontoh semangat yang diperlihatkan oleh personel Satgas dalam memberikan materi,” ujarnya.

“Satu pesan moral yang ingin disampaikan Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad bahwa masa orientasi adalah proses memperkenalkan lingkungan sekolah dengan cara-cara yang positif dan bukan menggunakan kekerasan fisik,” tambah Dansatgas.

Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad juga berharap materi yang telah diberikan kepada para siswa bisa menjadi bekal agar mereka terhindar dari bahaya narkoba dan virus HIV. (FNW)

Rekomendasi
Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.