Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Dari Kesehatan Mata Hingga Kulit, Berikut Khasiat Jambu Air

Loading...

Nusantaraterkini.com- Jambu air kini sudah jarang dijumpai di pasar-pasar buah modern dikarenakan buah yang satu ini masih masih disepelekan bagi sebagian orang tentang khasiat dan manfaatnya, buah yang sangat mudah ditemukan di pekarangan rumah ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia bagi yang mengkonsumsinya.

Dikutip dari beberapa sumber, manfaat buah jambu air didapat dari adanya segudang nutrisi di dalamnya seperti vitamin A, C, dan E, serat, potassium, myricetin, hex hydroxyflavone, fenolik, dan flavonoid.

Semua kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah jambu air ini memiliki fungsinya masing-masing untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari antimikroba, antioksidan, anti-hiperglikemik, hingga anti-kanker.

Berikut ini Beberapa Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

  1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Jambu air tak kalah penting dengan sayuran wortel. Keduanya sama-sama memiliki manfaat baik, yakni untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam jambu air dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat berisiko terkena berbagai gangguan kesehatan mata seperti nyctalopia dan degenerasi makula akibat pertambahan usia.

  1. Mengatasi Diabetes

Tumbuhan jambu air terkenal mampu mengatasi diabetes dengan mengontrol tekanan gula dalam darah agar tetap normal, termasuk daunnya. Namun tak hanya daunnya, buah jambu air juga sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar glukosa. Pasien diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah jambu air secara rutin. Bagi yang tidak mengidap diabetes, Anda juga perlu mencegahnya dengan mengonsumsi buah yang satu ini.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah jambu air berikutnya dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat ini didapat karena adanya kandungan serat di dalam jambu air yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kekurangan serat dapat memicu munculnya berbagai penyakit sistem pencernaan seperti sulit buang air besar atau sembelit hingga masalah pada usus. Untuk itu, kamu bisa mencukupi kebutuhan serat dari buah jambu air ini.

Namun, konsumsilah secukupnya saja. Pastikan tidak berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut bahkan diare. Makan secukupnya dan sebaiknya jangan dimakan sebelum mengonsumsi makanan berat. Cuci bersih buah jambu air sebelum dimakan agar kuman tidak mengganggu pencernaan.

  1. Mengendalikan Gula Darah

Bukan hanya daging buah jambu air saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan, daun jambu air juga memiliki manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat daun jambu air dapat mengontrol kadar gula darah.

Kadar gula darah dalam tubuh yang berlebihan dapat menjadi penyebab seseorang mengalami diabetes. Manfaat daun jambu air ini didapat karena adanya kandungan senyawa polifenol yang dipercaya dapat menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat buah jambu air selanjutnya dapat menjaga berat badan tetap ideal. Manfaat ini didapat karena adanya kandungan serat dan mineral yang cukup tinggi di dalam buah jambu air.

Serat dan mineral dalam buah jambu air ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu mendorong sisa makanan agar tidak tertimbun terlalu lama di dalam tubuh.

  1. Atasi Perut Kembung dan Diare

Kandungan air yang mencapai 93 persen serta serat dalam jambu air membuatnya dapat mengatasi masalah pencernaan. Jambu air juga sangat ampuh untuk mengobati diare. Mengalami masalah kesehatan seperti perut kembung dapat teratasi dengan mengonsumsi jambu air.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah jambu air berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Manfaat jambu air ini didapat karena adanya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dengan kandungan antioksidan yang efektif untuk menangkal serangan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan penyebab utama terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh, termasuk salah satunya sel kulit. Apabila kulit mengalami kerusakan, maka akan timbul masalah kulit seperti berjerawat di wajah, tanda-tanda penuaan dini, dan lain sebagainya.

 

 

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.