Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : 0822-8166-4736

Dansatgas TMMD Reguler Instruksikan Anggota Kodim Pekalongan Berjemur 10-15 Menit Setiap Hari

Loading...

Pekalongan – Puluhan anggota TNI dari Kodim 0710 Pekalongan melakukan berjemur di Halaman Makodim, Jalan Sriwijaya No. 1, Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Senin pagi (30/3/2020).

Dibenarkan Dandim atau Dansatgas TMMD Reguler 107 Pekalongan, Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto, melalui Pasilog, Kapten Armed Tarsono, selaku Ketua Pencegahan Covid-19 Kodim Pekalongan, bahwa kegiatan itu sebagai tindak lanjut instruksi dari pimpinan yang mewajibkan setiap anggota Kodim untuk berjemur minimal 10-15 menit setiap hari.

“Setiap hari dinas, seluruh anggota dan staf Makodim Pekalongan wajib hukumnya berjemur dengan jarak tertentu. Ini merupakan instruksi langsung dari pimpinan,” ucapnya.

Disinggung terkait apakah hal yang sama dilakukan di lokasi TMMD Reguler 107 Pekalongan di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Tarsono menyatakan bahwa itu tergantung kebijakan dari masing-masing Dan SSK/SST.

“Kalau di lokasi TMMD, anggota Satgas setiap hari sudah terpapar sinar matahari saat bekerja di pembangunan talud sepanjang 800 meter dan pengaspalan jalan sepanjang 2,5 kilometer,” tegasnya.

Ditambahkannya, selain berjemur, anggota kodim juga diinstruksikan memakai masker, menjaga kebersihan kantor dan lingkungannya, dan juga sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang telah disiapkan dan dibuat secara mandiri oleh Kodim.

“Pimpinan juga menginstruksikan berjemur dan menjaga kebersihan rumah masing-masing, termasuk menggunakan masker dan sarung tangan plastik jika keluar rumah, menjaga jarak minimal 1 meter saat berkomunikasi, serta membatasi keluar rumah,” tandasnya.

Sementara itu disampaikan dr. Vinci Edy Wibowo, Sp.P, Dokter Spesialis Paru di salah satu Rumah Sakit Swasta di Bekasi, yang dikutip dari fajar.co.id, kurang berjemur dan tidur cukup selama 6–8 jam per hari, maka akan melemahkan daya tahan tubuh.

Disebutkannya juga, bahwa sinar matahari pagi atau moderat, bermanfaat bagi kesehatan, seperti tulang yang lebih kuat, tidur dan suasana hati menjadi lebih baik, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Paparan sinar matahari bisa meningkatkan jumlah sel darah putih dalam darah, sehingga membantu untuk menghancurkan kuman di tubuh. Selain itu, sinar matahari mendorong sirkulasi yang sehat karena merangsang lebih banyak produksi sel darah merah sehingga meningkatkan jumlah oksigen dalam darah.

Meski belum terbukti secara ilmiah berjemur dapat mematikan virus corona, namun tidak ada salahnya dilakukan. Cara terbaik yang disarankannya yakni rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir minimal selama 20 detik, menggunakan alkohol, dan cairan disinfektan/hand sanitizer. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.