Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Danrem 071 Wijayakusuma Ingatkan Satgas TMMD Reguler Banyumas Pakai Masker Saat Bekerja

Loading...

Banyumas – Komandan Korem 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, juga menekankan tentang pentingnya penggunaan masker kepada keluarga besar Kodim 0701 Banyumas, saat memberikan jam komandan di Aula Kodim Banyumas. Kamis (16/7/2020).

Tak hanya itu, selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksana) TMMD Reguler 108 Banyumas, dirinya juga menginstruksikan agar protokol kesehatan covid-19, terus diterapkan di lokasi TMMD Reguler, yaitu di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, khususnya sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Dwi Lagan juga menjelaskan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menyatakan bahwa virus covid-19 bisa menyebar melalui partikel yang lebih kecil yang melayang-layang di udara selama berjam-jam.

Sebelumnya, WHO hanya menyatakan penyebaran wabah hanya melalui droplet atau percikan air liur yang keluar saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara.

“Itu sebabnya, menjaga jarak minimal dua meter di ruang tertutup tidak cukup untuk mencegah penyebaran virus ini, sehingga cara terbaik adalah menghindari kerumunan baik di ruang terbuka maupun tertutup,” ungkapnya.

Dikatakannya lanjut, di setiap gedung atau ruangan yang akan digunakan, juga harus memiliki ventilasi udara yang baik, karena cara ini efektif mencegah penularan virus daripada hanya menerapkan physical distancing. Tentunya senada dengan pemakaian masker untuk mencegah penularan virus melalui udara.

“Dari penelitian terbaru penularan virus corona, menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi bisa menyebarkan virus ketika menghembuskan napas, berbicara, atau batuk, karena microdroplet akan melayang di udara sehingga menyebabkan kontaminasi dengan jangkauan yang lebih luas,” tandasnya.

Namun yang terpenting menurutnya adalah memakai masker saat bekerja bersama masyarakat, baik di lapangan maupun ruangan tertutup.

“Memakai masker tidak hanya melindungi diri kita dari infeksi, namun juga orang-orang di sekitar kita,” pungkasnya. (Didi/Aan)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.