Wartawan Nusantaraterkini.com Terdaftar di Box Redaksi, Untuk Bergabung menjadi wartawan seluruh indonesia Hubungi : +62 822-8273-3432

Dandim Banyumas Paparkan Capaian Pelaksanaan TMMD Reguler Kepada PJO TMMD Kasad

Loading...

Banyumas – Dansatgas TMMD Reguler 108 Banyumas atau Dandim 0701 Banyumas, Letkol Infanteri Candra, SE, M.I.Pol, membeberkan secara detail tentang capaian TMMD Reguler, yang membangun sasaran fisik maupun non fisik masyarakat Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, kepada Mayjen TNI Bambang Ismawan, SE, MM, selaku Asistensi PJO (Penanggung Jawab Operasional) TMMD Kasad.

Dalam paparan yang dilangsungkan di Aula Makodim Banyumas ini, Dansatgas menyatakan bahwa overall progres pembangunan fisik/infrastruktur sudah terlaksana 90 persen, tinggal menyisakan pengecoran jalan beton 286 meter dari panjang total 1,8 kilometer dengan lebar 3,75 meter.

Sementara untuk sasaran fisik 1 unit jembatan 6 x 2,3 meter dan 3 unit gorong-gorong, sudah 100 persen.

Sedangkan untuk sasaran fisik tambahan berupa rehab 3 unit RTLH, 1 unit bantuan BAZNAS Kabupaten Banyumas, untuk rumah Tarman (47), buruh tani asal Desa Petahunan RT. 05 RW. 03 senilai Rp. 20 juta sudah 100 %.

Untuk 2 unit lagi yang merupakan bantuan dari UPK (Unit Pengelola Kegiatan) Kecamatan Pekuncen, untuk rumah Sodah (70), janda dan petani RT. 03 RW. 04 Rp. 11 juta, dan Tarsim (56), petani dan buruh tani RT. 06 RW. 03 senilai Rp. 7 juta, keduanya masih dalam pengerjaan.

Sementara untuk over prestasi TMMD adalah pembangunan talud di sejumlah titik jalan beton rawan longsor, juga sudah 100 persen.

Untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi yang telah dilaksanakan meliputi, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan (1/7), Peran RT/RW dalam Kamtibmas (1/7), Sosialisasi UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk (2/7), Permodalan dan Perizinan (2/7), Gemarikan (4/7), Pencegahan Penyebaran Covid-19 (6/7), dan Kesehatan Ibu dan Anak (6/7).

Selanjutnya, Zakat dan Unit Pengumpul Zakat (7/7), Wakaf (7/7), Penyelesaian Peradilan Anak (8/7), Pencegahan Tipikor (8/7), RPJM Des (13/7), Pemberdayaan Masyarakat (13/7), Penanggulangan Hama Pertanian (14/7), Pengelolaan Irigasi (14/7), Pengelolaan Sampah (15/7), dan juga Pakan Ternak Komplit Ruminansia (16/7), Pengawasan Keuangan Desa dan Tata Kelola Keuangan Desa (20/7).

“Untuk penyuluhan atau sosialisasi yang akan segera dilakukan adalah Pencegahan Napza, KB-Kes, Pola Asuh Anak, Bahaya Terorisme dan Paham Radikalisme, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Yang Baik, dan Tata Cara Pembuatan Peraturan Desa,” ungkapnya.

Selain itu, ada materi keterampilan Packing dan Pemasaran dari Disperindag Banyumas, Pengolahan Limbah Plastik dari Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVI Kodim Banyumas, dan juga pelatihan Pembuatan Fermentasi Complete Feed Ruminansia (16/7).

Untuk bakti sosial meliputi bantuan pangan berupa ikan mentah dan olahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (4/7) kepada 500 warga Petahunan (1 kg paket olahan ikan masak, buku resep pengolahan ikan, 4 buah masker, dan juga 1 kg ikan nila mentah), serta 400 paket Sembako dari Dintanhan Jateng berisikan beras 2,5 kg, bawang merah 1/2 kg, dan cabe merah 1/2 kg (14/7).

“Untuk donor darah dan sunat massal akan dilaksanakan hari ini,” imbuhnya.

Untuk kendala di lapangan adalah sering turunnya hujan. Namun hal itu tidak mengurangi semangat Satgas TMMD dan segenap unsur dari warga setempat untuk menyelesaikan semua target dengan kualitas.

“Capaian itu semua berkat peran dan bantuan dari seluruh pihak, khususnya masyarakat Petahunan yang sangat antusias setiap hari dalam membantu Satgas TMMD, khususnya saat pengecoran siang maupun lembur malam,” pungkasnya. (Aan/Red)

Rekomendasi

Ruangan komen telah ditutup.